Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas X MIPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo

Nourisa, Nina Febriana (2022) Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas X MIPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180168_Nina Febriana Nourisa_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nourisa, Nina Febriana. 2022. Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning pada Mata Pelajaran PAI di Kelas X MIPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I..
Kata Kunci: Pembelajaran Blended Learning, Pendidikan Agama Islam
Berbagai upaya telah dilakukan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan efektivitas
pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 ini. Salah satunya adalah dengan menerapkan model
pembelajaran Blended Learning. Model pembelajaran ini yaitu model pembelajaran yang
mengkombinasikan antara pembelajaran daring dan pembelajaran luring atau tatap muka. Upaya
yang dilakukan oleh pihak sekolah ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran
khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan implementasi model pembelajaran Blended
Learning pada mata pelajaran PAI di kelas X MIPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, (2) untuk
menjelaskan faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran Blended
Learning pada mata pelajaran PAI di kelas X MIPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, (3) untuk
menjelaskan implikasi dari model pembelajaran Blended Learning terhadap efektivitas pembelajaran
PAI di kelas X MIPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan
menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan berusaha menemukan makna, menyelidiki proses
dan memperoleh pengertian dan pemahaman yang mendalam. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah redaksi data, Penyajian Data, dan conclusion
drawing/verification.
Adapun hasil penelitiannya yaitu: (1) Pada tahap perencanaan pihak sekolah memperhatikan
situasi dan kondisi dalam menentukan model pembelajaran. Sebelum pembelajaran berlangsung,
guru merencanakan pelaksanaan pembelajaran. Guru mempertimbangkan metode dan juga strategi
yang tepat agar pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Dalam pemilihan aplikasi, guru
menggunakan aplikasi google classroom dan whatsapp dengan mempertimbangkan kemudahan akses, sinyal, jaringan internet dan juga biaya. (2) Pelaksanaan pembelajaran Luring di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo menggunakan sistem Sift, yaitu hanya 50% dari jumlah siswa dikelas mengikuti pembelajaran Luring dan sisanya Daring. Pada pembelajaran luring, guru menggunakan metode ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab. Sedangkan pembelajaran daring di lakukan dengan menggunakan aplikasi yang dapat menunjang pembelajaran daring. Dalam Pembelajaran PAI di
kelas X MIPA 3, guru menggunakan aplikasi Google Classroom, Whatsaap, dan sesekali menggunakan zoom dan google meet. Faktor yang mendorong keberhasilan dalam pelaksanaan model pembelajaran Blended Learning diantaranya yaitu: sarana dan prasarana, penggunaan strategi yang tepat, penggunaan aplikasi yang tepat dan mudah diakses, semangat dan antusias siswa dalam belajar cukup tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu jaringan internet dan biaya yang cukup tinggi. (3) Hasil dan evaluasi dari pelaksanaan model pembelajaran blended Learning pada Mata pelajaran PAI kelas X MIPA 3 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo adalah pembelajaran menjadi lebih efektif, dapat meningkatkanpemahaman siswa, dan siswa menjadi semangat dalam mengikuti pelajaran khususnya pada mata Pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:24
Last Modified: 23 Jun 2022 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19831

Actions (login required)

View Item View Item