Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Menumbuhkan Minat Belajar Santri TPQ Awalul "Ilmi Gedangan Ngrayun Ponorogo

Marchelia, Nia Adityas (2022) Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Menumbuhkan Minat Belajar Santri TPQ Awalul "Ilmi Gedangan Ngrayun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180167 Nia Adityas Marchelia PAI...pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Marchelia, Nia Adityas. 2022. Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Menumbuhkan Minat Belajar Santri TPQ Awalul ‘Ilmi Gedangan Ngrayun Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Drs. Waris, M.Pd.
Kata kunci: sumber belajar, minat belajar, santri TPQ Awalul ‘Ilmi
Sumber belajar merupakan bagian yang penting dalam proses pembelajaran karena merupakan sumber informasi yang dibutuhkan siswa. Sumber belajar terdiri dari berbagai macam, baik dari orang, buku, lingkungan, dan sebagainya. Dengan pemanfaatan sumber belajar yang baik proses belajar mengajar akan berlangsung dengan menarik dan materi akan mudah dipahami, namun sebaliknya ketika sumber belajar yang digunakan kurang menarik perhatian maka pembelajaran akan berjalan kurang maksimal. Hal ini juga sangat berpengaruh dalam menumbuhkan minat siswa untuk belajar, karena dengan minat yang baik siswa akan antusias saat pembelajaran berlangsung. Hal demikianlah yang perlu diamati dan kurang lebih terjadi di TPQ Awalul ‘Ilmi. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti mengangkat sebuah tema optimalisasi pemanfaatan sumber belajar dalam menumbuhkan minat belajar santri TPQ Awalul ‘Ilmi Gedangan Ngrayun Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemanfaatan sumber belajar dalam menumbukan minat belajar santri di TPQ Awalul ’Ilmi (2) mendeskripsikan minat belajar siswa terhadap sumber belajar yang digunakan di TPQ Awalul ’Ilmi, dan (3) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat optimalisasi sumber belajar dalam menumbukan minat belajar santri di TPQ Awalul ’Ilmi
Untuk menjawab pertanyaan di atas, maka peneliti melakukan penelitian di TPQ Awalul ‘Ilmi Gedangan Ngrayun Ponorogo menggunakan metode penelitian kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian yang dilakukan dapat ditemukan: (1) pemanfaatan sumber belajar di TPQ Awalul ‘Ilmi yaitu benda, manusia, buku, peristiwa, dan lingkungan (2) minat santri dalam mengikuti pembelajaran dapat digolongkan dalam tiga macam minat, yaitu minat personal, minat situasional, dan minat psikologikal (3) faktor pendukung optimalisasi pemanfatan sumber belajar yaitu dengan pemanfaatan gambar-gambar, pemanfaatan berbagai buku yang sudah tersedia, dan dengan ikut serta dalam kegiatan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: faktor internal, guru kurang maksimal dalam memanfaatkan sumber belajar, faktor eksternal, yaitu kurangnya sarana seperti laptop, LCD, dan proyektor mempengaruhi proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:16
Last Modified: 23 Jun 2022 03:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19826

Actions (login required)

View Item View Item