Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Mlarak Kabupaten Ponorogo

Wihanif, Wihanif (2022) Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Mlarak Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UP PERPUS SKRIPSI WIHANIF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wihanif. 2022. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Mlarak Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing: Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci: Perpustakaan, Minat Baca, Hasil Belajar
Keberhasilan pendidikan merupakan tangggung jawab bersama orang tua, guru, masyarakat dan pemerintah.Pemerintah dan masyarakat menyediakan tempat untuk belajar yaitu sekolah.Sekolah memberian pendidikan, sarana dan prasarana bagi siswa agar siswa dapat memberikan hasil belajar yang memuaskan yaitu prestasi.Hasil belajar tidak dapat dipisahkan dari masalah minat baca, hal ini disebabkan hasil belajar merupakan bukti keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar.Tinggi rendahnya hasil belajar yang di dapatkan siswa pada dasarnya dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII SMP Negeri 1 Mlarak. (2) pengaruh yang signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII SMP Negeri 1 Mlarak. (3) pengaruh yang signifikan antara Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpdau kelas VIII SMP Negeri 1 Mlarak.
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 1 Mlarak.Dari seluruh kelas VIII yang menjadi anggota populasi penelitian dari 153 siswa di ambil 61 siswa yang menjadi sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca yang dimiliki oleh siswa, dan dibandingkan dengan nilai UTS siswa.
Hasil dari penelitian ini diperoleh (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pemanfaatan Perpustakaan terhadap hasil belajar IPS Terpadu sebesar (2) Terdapat pengaruh yang sangat rendah dan tidak signifikan antara minat baca siswa di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu sebesar (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pemanfaatan Perpustakaan dan Minat Baca Siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu secara bersama-sama

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:11
Last Modified: 23 Jun 2022 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19820

Actions (login required)

View Item View Item