Pembentukan sikap Ta’dzim Santri kepada Kyai Melalui Pengajian Kitab ‎Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman ‎Ponorogo

Al Hadiq, Afifudin (2022) Pembentukan sikap Ta’dzim Santri kepada Kyai Melalui Pengajian Kitab ‎Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman ‎Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180251_Afifudin Al Hadiq_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Al Hadiq, Afifudin. 2022. Pembentukan sikap Ta’dzim Santri kepada Kyai melalui Pengajian ‎Kitab Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren Al-Barokah mangunsuman ‎ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan ‎Iilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Erwin ‎Yudi Prahara, M.Ag.‎
Kata Kunci: Pembentukan, Sikap Ta’dzim, Kitab Talim Muta’alim
Skripsi berjudul Pembentukan Sikap Ta’dzim Santri kepada Kyai melalui Pembelajaran ‎kitab Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Ponorogo. Penelitian ini ‎dilatarbelakangi moral di kalangan pelajar Indonesia yang sudah semakin mengalami degradasi, ‎dan khusus dalam konteks menghormati terhadap gurunya. Apabila seorang pelajar yang sudah-‎bersungguh dalam menuntut ilmu. Tetapi banyak yang tidak memperoleh manfaat ilmu, penyebab ‎nya dikarenakan tidak memperhatikan komponen syarat atau cara-cara ketika sedang belajar. ‎Oleh karena itu, lembaga pendidikan harus memiliki strategi yang dapat diterapkan dengan ‎mempelajari kitab Ta’lim Muta’alim karya Syekh Az-Zarnuji.‎
Penelitian ini bertujuan unntuk (1) Mengetahui pengajian kitab Ta’lim Muta’alim dalam ‎membentuk sikap ta’dzim Santri di Pondok Pesantren Al-Barokah, (2) Mengetahui faktor ‎pendukung dan penghambat dalam pembentukan sikap ta’dzim Santri melalui pengajian kitab ‎Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren Al-Barokah, (3) Mengetahui implikasi pembentukan sikap ‎ta’dzim melalui pelaksanaan pengajian kitab Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren Al-Barokah.‎
Dalam penelitian ini metode yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan ‎jenis penelitian field research yakni penelitian lapangan yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-‎Barokah Mangunsuman Ponorogo. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang ‎digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai ‎instrumen kunci, teknik pengumpulan data dapat dilakukan secara trianggulasi (gabuangan ‎observasi, wawancara, dokumentasi), data yang dianalisis dengan cara mereduksi yang tidak ‎relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.‎
Berdasarkan analisis data ditemukan (1) Proses pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim ‎dengan menggunakan metode bandongan. Tujuan diberikan materi ini supaya santri meliki sikap ‎ta’dzim dan di Pondok Pesantren ini kurikulumnya masih menggunakan salaf, (2) Faktor ‎pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren Al-‎Barokah Mangunsuman Ponorogo meliputi beberapa komponen. Adapun faktor pendukung ‎meliputi sarana dan prasarana, materi pembelajaran dan Santri/Ustaz itu sendiri, sedangkang ‎faktor penghambatnya yaitu motode pembelajaran dan Santri/Ustaz itu sendiri, (3) Dampak ‎santri setelah memperlajari kitab Ta’lim Muta’alim yaitu dari yang belum mengerti akhirnya ‎mereka mengerti, hal ini bisa dilihat ketika seorang santri lewat didepan guru pasti menundukkan ‎kepalanya dan peduli terhadap temannya.‎

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:10
Last Modified: 23 Jun 2022 01:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19818

Actions (login required)

View Item View Item