Al Hadiq, Afifudin (2022) Pembentukan sikap Ta’dzim Santri kepada Kyai Melalui Pengajian Kitab Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
201180251_Afifudin Al Hadiq_PAI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Al Hadiq, Afifudin. 2022. Pembentukan sikap Ta’dzim Santri kepada Kyai melalui Pengajian Kitab Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren Al-Barokah mangunsuman ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Iilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Erwin Yudi Prahara, M.Ag.
Kata Kunci: Pembentukan, Sikap Ta’dzim, Kitab Talim Muta’alim
Skripsi berjudul Pembentukan Sikap Ta’dzim Santri kepada Kyai melalui Pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Ponorogo. Penelitian ini dilatarbelakangi moral di kalangan pelajar Indonesia yang sudah semakin mengalami degradasi, dan khusus dalam konteks menghormati terhadap gurunya. Apabila seorang pelajar yang sudah-bersungguh dalam menuntut ilmu. Tetapi banyak yang tidak memperoleh manfaat ilmu, penyebab nya dikarenakan tidak memperhatikan komponen syarat atau cara-cara ketika sedang belajar. Oleh karena itu, lembaga pendidikan harus memiliki strategi yang dapat diterapkan dengan mempelajari kitab Ta’lim Muta’alim karya Syekh Az-Zarnuji.
Penelitian ini bertujuan unntuk (1) Mengetahui pengajian kitab Ta’lim Muta’alim dalam membentuk sikap ta’dzim Santri di Pondok Pesantren Al-Barokah, (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan sikap ta’dzim Santri melalui pengajian kitab Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren Al-Barokah, (3) Mengetahui implikasi pembentukan sikap ta’dzim melalui pelaksanaan pengajian kitab Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren Al-Barokah.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian field research yakni penelitian lapangan yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Ponorogo. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dapat dilakukan secara trianggulasi (gabuangan observasi, wawancara, dokumentasi), data yang dianalisis dengan cara mereduksi yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan (1) Proses pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim dengan menggunakan metode bandongan. Tujuan diberikan materi ini supaya santri meliki sikap ta’dzim dan di Pondok Pesantren ini kurikulumnya masih menggunakan salaf, (2) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Ponorogo meliputi beberapa komponen. Adapun faktor pendukung meliputi sarana dan prasarana, materi pembelajaran dan Santri/Ustaz itu sendiri, sedangkang faktor penghambatnya yaitu motode pembelajaran dan Santri/Ustaz itu sendiri, (3) Dampak santri setelah memperlajari kitab Ta’lim Muta’alim yaitu dari yang belum mengerti akhirnya mereka mengerti, hal ini bisa dilihat ketika seorang santri lewat didepan guru pasti menundukkan kepalanya dan peduli terhadap temannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Erwin Yudi Prahara |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 01:10 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 01:10 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19818 |
Actions (login required)
View Item |