Peran Orangtua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Desa Widodaren Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi

Karyanawati, Alvina Putri (2022) Peran Orangtua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Desa Widodaren Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180269_ALVINA PUTRI KARYANAWATI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Motivasi belajar merupakan daya penggerak yang muncul dalam diri maupun luar anak, karena motivasi merupakan motor penggerak yang ada pada diri anak. Rendahnya motivasi dapat mempengaruhi pendidikan yang dimiliki anak, karena salah satu penghambat tercapainya tujuan pendidikan. Di Dusun Widodaren Kidul RT.04 RW.02 mengalami penurunan motivasi belajar, motivasi belajar yang rendah tersebut merupakan pengaruh dari dampak pembelajaran online yang mereka lakukan pada semester lalu membuat mereka mengalami penurunan nilai dan juga penurunan motivasi belajar, karena pada masa sekarang yang sudah menghadapi pembelajaran secara tatap muka kembali, membuat mereka harus terbiasa dengan hal yang bisa dikatakan baru lagi, karena terbiasa menggunakan hp saat belajar di masa daring, mereka akhirnya sampai sekarang juga masih ketergantungan dengan Hp, bahkan lebih banyak waktu yang digunakan untuk mengaplikasikan hp daripada belajar. Hal lain juga disebabkan karena kurang maksimalnya peran orangtua yang dilakukan dalam mendampingi anak, serta kurang maksimalnya orangtua dalam menyiapkan anak di masa pembelajaran tatap muka.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran orangtua sebagai sahabat dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Dusun Widodaren Kidul RT.04 RW.02, 2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran orangtua sebagai teladan dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Dusun Widodaren Kidul RT.04 RW.02, 3) untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran orangtua sebagai pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Dusun Widodaren Kidul RT.04 RW.02.
Untuk itu, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di Dusun Widodaren Kidul RT.04 RW.02, Desa Widodaren, Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) peran orangtua sebagai sahabat dalam meningkatkan motivasi belajar anak adalah, dengan cara bermain bersama anak, meminta pendapat anak dan memahami anak. Dari peran tersebut orangtua busa paham tentang bagaimana pola pikir anak dan dengan begitu peran orangtua sebagai sahabat bisa terlaksana; 2) peran orangtua sebagai teladan dalam meningkatkan motivasi belajar anak, orangtua selalu menanamkan kepada anak untuk selalu berkata jujur, orangtua selalu menerapkan kepada anak agak selalu melakukan hal-hal baik yang selalu dicontohkan orangtua yang membuat anak memiliki akhlak terpuji, dan orangtua juga selalu membimbing anak untuk selalu taat beragama yaitu tentang menjalankan kewajibannya untuk sholat; 3) peran orangtua sebagai pendidik, karena orangtua merupakan lingkup pertama bagi seorang anak dalam mendapatkan pengetahuan awal yang mereka miliki, orangtua di Dusun Widodaren Kidul RT.04.RW02, orangtua sebagai pendidik Adapun yang dilakukan orangtua adalah selalu mengutamakan dalam memberikan fasilitas yang baik kepada anak, selain itu orangtua juga berusaha dalam menjalin hubungan yang harmonis kepada anak, karena dengan begitu tanpa dengan sadar orangtua bisa faham apa yang menjadi pemahaman anak mereka. Orangtua memang harus selalu sabar dalam menghadapi perkembangan anak, karena anak juga harus dirawat dengan ketulusan, yang nantinya juga bisa mempengaruhi akhlak yang dimiliki anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:13
Last Modified: 23 Jun 2022 01:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19817

Actions (login required)

View Item View Item