..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PENGELOLAAN PROGRAM DOUBLE TRACK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN VOCATIONAL SKILL (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo)

Mustaghfiroh, Kuni (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PENGELOLAAN PROGRAM DOUBLE TRACK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN VOCATIONAL SKILL (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180030_Kuni Mustaghfiroh_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mustaghfiroh, Kuni. 2022. Pengelolaan pada Program Double Track sebagai Upaya Peningkatan Vocational Skill di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. AB. Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I.

Kata Kunci: Pengelolaan, Program Double Track, Vocational Skill
Sekolah Menengah Atas merupakan salah satu pendidikan untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Akan tetapi persaingan di dunia kerja menjadi hambatan bagi siswa lulusan SMA yang tidak melanjutkan ke jenjang perkuliahan, sehingga sebagai solusi dari permasalahan tersebut Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan program SMA Double Track dengan memberikan keterampilan berwirausaha secara berdampingan dengan memanfaatkan kearifan lokal. Program Double Track dapat diterima dengan baik oleh SMA penyelenggara, Hal ini dikarenakan sebagian besar siswa tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Dan sebagai bentuk diterimanya program tersebut, SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo mendaftarkan ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sebagai upaya memberikan pembekalan keterampilan berwirausaha bagi siswa yang tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami: (1) Latar belakang SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo mendesain program Double Track, (2) Pola kerja sama penyelenggaraan program Double Track di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo, (3) Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada program Double Track di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data dari Kepala Sekolah, tim Double Track bagian fasilitator dan administrasi. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa (1) Latar belakang program Double Track di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo dikarenakan adanya kesamaan karakter sekolah dari sosialisasi oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, serta sebagian besar siswa tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, (2) Terdapat 4 pola kerja sama penyelenggaraan program Double Track di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo yaitu: pola asuh yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Jawa Timur dengan ITS, pola inti plasma yang dilakukan oleh ITS dengan SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo, pola futuristic yang dilakukan oleh tim Double Track dan pola kemitraan yang dilakukan oleh SMA penyelenggara program dan DUDI. (3) Kurikulum program Double Track dibuat oleh ITS dan dikembangkan oleh trainer sesuai dengan kemampuan siswa. Pelaksanaan kegiatan belajar dengan menggunakan metode teori dan praktik. Sebagai tenaga pelatih sekolah bekerja sama dengan DUDI. Dan evaluasi program dilakukan dengan uji kompetensi dari ITS, ujian prakter serta membuat portofolio produk unggulan masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: AB. Musyafa' Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:10
Last Modified: 23 Jun 2022 01:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19816

Actions (login required)

View Item View Item