Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Sabilul Huda Badegan Ponorogo

Giarno, Giarno (2022) Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Sabilul Huda Badegan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIKS A5 GIARNOO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Giarno. 2022. Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran aqidah akhlak di mts sabilul huda badegan ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Aries Fitriani, M.Pd.

Kata Kunci: Implementasi, Pendekatan Saintifik, Akidah Akhlak, Proses Pembelajaran

Implementasi pendekatan saintifik ialah sebuah penerapan yang dilakukan seorang guru dalam melakukan proses pembelajaran yang mana berjalan dengan baik sehingga menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan apa yang diharapakan adanya dorongan dan motivasi dari seorang guru serta proses pembelajaran yang digunakan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa. Dengan mengunakan langkah-langkah pendekatan saintifik dari mengamati,,menanya,menalar,mencoba dan
mengkomunikasikan ini dicapai dengan baik oleh guru sehingga siswa dapat menerima dengan senang dan pembelajaran bisa diterima dan tidak menjadikan kebosenan
terhadap siswa.

rumusan masalah peneliti sebagai beikut: 1) Bagaimana proses pembelajran Akidah Akhlak siswa melalui pendekatan saintifik MTs Sabilul Huda Badegan Ponorogo ? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran di MTs Sabilul Huda Badegan Ponorogo ?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi khasus. Adapaun teknik yang digunakan saat penelitian yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dengan Anisatul Qoiriyah S.Pd selaku guru Akidah Akhlak, pengumpulaan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang dilakukan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data dan Menarik Kesimpulan.

Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) proses pembelajaran aidah akhlak siswa melalui pendekatan saintifik di MTs Sabilul Huda Badegan Ponorogo ini memiliki langkah-langkah darri mulai mengamati kemudian menanya setelah itu melakukan penalaran lalu mencoba dan mengkomuniasikan proses
pembelajaran yang dilakukan. 2) faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran di MTs Sabilul Huda Badegan Ponorogo ialah dari faktor pendukung siswa melakukan pembelajaran dengan motivasi dan semangat yang tiggi, guru atau pendidk juga menjadi faktor pendukung yang mana berberpan dalam melakukan tanggung jawab kepada siswa agar bisa menerima proses pembelajaran yang diberikan, lingkungan juga menjadi faktir pendukung terlebih
lingkungan keluarga yang mana selalu bisa mantau pembelajaran yang dilakukan anak dirumah. Sedangkan faktor penghambat siswa atau peserta didik juga menjadi penghambat ketika mereka tidak mengikuti proses pembelajaran dan bermalas-malasan, guru juga menjadi penghambat ketika guru kurang prefisional dalam melakukan pembelajaran yang mereka lakukan dan tidak mau bertangungjawab ketika ada siswa yang tidak mengikuti dan mendengarkan pembelajaran yang dilakukan, lingkungan
keluarga juga menjadi penghambat ketika anak tidak dipantau dalam belajar dan dibiarkan melakukan atau bermain dengan seenaknya sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ARIES FITRIANI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:53
Last Modified: 23 Jun 2022 07:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19815

Actions (login required)

View Item View Item