Peran Manajerial Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Unggul Berkarakter (Studi Kasus di SDIT Darul Falah)

Kirani, Cahya (2022) Peran Manajerial Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Unggul Berkarakter (Studi Kasus di SDIT Darul Falah). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180010_CAHYA KIRANI_MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kirani, Cahya. 2022. Peran manajerial kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah unggul berkarakter (studi kasus di SDIT Darul Falah Sukorejo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponrogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Thoyib, M. Pd.
Kata kunci: Peran Manajerial, Kepala Sekolah, Sekolah Unggul berkarakter.
Dalam rangka merespon perkembangan zaman, kepala sekolah SDIT Darul Falah berupaya untuk menjadikan lembaga yang dipimpinnya sebagai sekolah unggul berkarakter. Upaya tersebut dapat dilihat dari tiga halyaitu adanya visi untuk unggul, program yang unik dengan mengoptimalkan potensi intelektual, emosional, dan spiritual melalui habituasi, dan mencetak generasi berprestasi dilihat dari beberapa kemenangan dalam lomba-lomba regional, nasional, maupun internasional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganilisis peran kepala sekolah dalam menyusun program, implementasi program, dan evaluasi program dalam mewujudkan sekolah unggul berkarakter.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara antara lain kepala sekolah dan sejumlah ustadz/ah. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dalam penelitian ini adalah dengan peningkatan ketekunan dan triangulasi sumber dan data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran kepala sekolah dalam penyusunan program untuk mewujudkan sekolah unggul berkarakter di SDIT Darul Falah dapat dilihat pada keterlibatan kepala sekolah dalam keseluruhan proses penyusunan program baik itu secara interpersonal, decisional dan informational dengan dibantu oleh tim inti yang terdiri dari supervisor lembaga, kepala sekolah, bagian administrasi, bendahara, jajaran wakil kepala sekolah, dan perwakilan koordinator jenjang. 2) Peran kepala sekolah dalam implementasi program untuk mewujudkan sekolah unggul berkarakter di SDIT Darul Falah berfokus pada perannya sebagai pengawas dalam memonitoring pelaksanaan dan pemberian bimibingan, arahan, serta motivasi. Disamping itu, perannya secara interpersonal, decisional, dan informational dapat dilihat dari terciptanya lingkungan kerja yang beriklim kekeluargaan dan keterbukaan, tersampaikannya informasi mengenai pelaksanaan program kepada seluruh wali murid, dan juga ketangkasan kepala sekolah dalam menyikapi kendala secara cepat dan tepat. 3) Peran kepala sekolah dalam evaluasi program untuk mewujudkan sekolah unggul berkarakter di SDIT Darul Falah dilakukan melalui tiga tindakan evaluatif yaitu rapat mingguan yang berkaitan dengan pelaksanaan program dalam satu minggu, personal yang berkaitan dengan kedisiplinan, dan supervisi yang berkaitan dengan kualitas pembelajaran di kelas. Melalui tiga cara di atas, kepala sekolah memastikan perannya secara interpersonal, decisional, dan informational dapat memastikan setiap program dan sumber daya sekolah telah terpantau keterlaksanaan dan ketercapaian tujuannya sehingga ditemukan hal-hal yang perlu untuk dipertahankan, ditingkatkan, ataupun diperbaiki. 4) Peran kepala sekolah SDIT Darul Falah dalam mewujudkan sekolah unggul berkarakter yaitu dengan mengintegralkan pengembangan potensi intelektual, emosional, dan spiritual yang dimulai sejak input peserta didik, proses yang meliputi kemampuan tenaga pendidik yang terseleksi, sarana prasarana yang diarahkan pada digitalisasi pendidikan, kurikulum yang memadukan pelajaran umum, agama dan AL-Qur’an, metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan, program ekstrakurikuler berupa life skill, kerjasama dengan lembaga pendidikan jenjang selanjutnya, dan juga output yang dapat dipastikan memiliki bekal awal untuk menjadi insan kamil dan dikembangkan lagi pada jenjang pendidikan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:08
Last Modified: 23 Jun 2022 01:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19808

Actions (login required)

View Item View Item