..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PERAN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM ISLAM SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI

Septiani, Anisa (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PERAN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM ISLAM SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180278 ANISA SEPTIANI PENDIDIKAN AGAMAISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Septiani, Anisa, 2022. Peran Pendidikan Keluarga dalam Islam Sebagai Upaya Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ayunda Riska Puspita, MA.
Kata Kunci: Pendidikan Keluarga Islam, Karakter, Anak Usia Dini.
Penelitian ini membahas tentang peran pendidikan keluarga untuk membentuk karakter anak usia dini. Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya kasus anak yang kurang dalam bersikap sopan santun kepada sesama anak dan kepada orang yang lebih tua. Anak yang diasuh oleh nenek dan kakek tentunya berbeda pendidikannya daripada anak yang diasuh sendiri oleh orang tuanya sendiri. Perkembangan teknologi juga menjadikan anak sering menggunakan alat digital dalam kesehariannya. Anak yang masih berusia dini seharusnya lebih berinteraksi dengan keluarga dan teman sebaya daripada berdiam diri di rumah bermain handphone (HP). Hal ini akan memberikan efek candu bagi anak karena tayangan HP yang menarik.
Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan relevansi pendidikan keluarga terhadap pembentukan karakter anak usia dini; (2) mendeskripsikan peran orang tua dalam membentuk karakter anak usia dini; (3) mendeskripsikan tantangan keluarga dalam membentuk karakter anak usia dini.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kepustakaan (library research). Sumber data dari penelitian ini merupakan data sekunder, yaitu data yang diperoleh bukan dari tangan pertama yang melakukan penelitian di lapangan melainkan dari tangan kedua yang sudah berupa hasil dari penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menelaah dan membaca berbagai sumber buku, jurnal, dan dokumen-dokumen baik bentuk cetak maupun digital seperti buku yang ada di google book, e-book, google scholar, dan sumber-sumber lainnya yang dianggap relevan Dalam memperoleh data menggunakan bahan-bahan dari perpustakaan tanpa riset di lapangan. Adapun sumber data yang digunakan adalah data sekunder yaitu berupa buku, dokumen, jurnal, modul, dan dari penelitian-penelitian terdahulu.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, pendidikan keluarga dalam Islam dinilai relevan dalam membentuk karakter anak usia dini. Keluarga merupakan tempat pertama dan utama dalam menempuh pendidikan. Keluarga harus mampu membentuk karakter anak usia dini sebaik mungkin sebelum memasuki dunia luar. Orang tua yaitu ayah dan ibu sebagai orang paling dekat dengan anak harus bisa menciptakan suasana belajar di rumah dengan bai, seperti halnya memberikan fasilitas yang memadai. Keluarga yang harmonis dapat memberikan rasa senang dan nyaman seorang anak, sehingga pendidikan yang diberikan oleh orang tua dapat tersampaikan dengan semestinya. Keluarga juga dapat menjadi penghambat dalam membentuk karakter anak karena kurangnya perhatian atau berlebihan dalam memberikan kasih sayang. Selain itu, lingkungan sekitar juga mampu menghambat dalam membentuk karakter anak usia dini, seperti hampir keseluruhan orang memiliki handphone, maka dari itu anak usia dini yang belum mampu mengendalikan dirinya juga mengiginkan HP sebagai mainannya. Peran pendidikan keluarga dalam Islam sebagai upaya membentuk karakter anak usia dini sangat penting karena keluarga merupakan tempat pertama dan utama dalam memperoleh pendidikan bagi anak terutama yang masih berusia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:15
Last Modified: 23 Jun 2022 01:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19806

Actions (login required)

View Item View Item