..(PERBAIKI LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJAN PUBLIKASI, SESUAIKAN DENGAN FORM YG ADA DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG)..SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SMK NEGRERI 2 PONOROGO

ulul aziz muhayan putra, Fakih (2022) ..(PERBAIKI LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJAN PUBLIKASI, SESUAIKAN DENGAN FORM YG ADA DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG)..SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SMK NEGRERI 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
896696

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Putra, Fakih Ulul Aziz Muhayan. 2022. Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada SMK Negeri 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata kunci: Supervisi, Kepala Sekolah, Profesional Guru
Sebagai pengajar guru bertugas menuangkan sejumlah bahan pelajaran kedalam otak anak didik, sedangkan sebagi pendidik guru bertugas membimbing dan membina anak didik agar menjadi manusia susila yang cakap, aktif, kreatif, dan mandiri. Tugas yang berat dari seorang guru pada dasarnya hanya dapat dilaksanakan oleh guru yang memiliki kompetensi profesional yang tinggi. Untuk meningkatkan profesional guru maka perlu diadakan supervisi oleh kepala sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) teknik supervisi kepala sekolah dalam meningkatan kompetensi profesional guru di SMKN 2 Ponorogo (2) pendekatan supervisi kepala sekolah dalam meningkatan kompetensi profesional guru di SMKN 2 Ponorogo (3) hasil supervisi kepala sekolah dalam meningkatan kompetensi profesional guru di SMKN 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Lokasi penelitian ini adalah SMKN 2 Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi non partisipatif, wawancara terstruktur dan mendalam serta dokumentasi. Analisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensi.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Teknik supervisi kepala sekolah yang dilakukan di SMKN 2 Ponorogo menggunakan dua teknik, yaitu teknik individual yang meliputi observasi kelas, percakapan pribadi, inter visitasi, penyeleksi berbagai sumber mengajar, menilai diri sendiri, untuk kunjungan kelas masih belum dilakukan secara kontinyu/rutin oleh kepala sekolah dikarenakan banyak tugas diluar kota. Teknik kelompok meliputi pertemuan orientasi, rapat guru, studi kelompok antar guru, diskusi, tukar menukar pengalaman, untuk workshop sementara ini ditiadakan karena pandemi covid-19 yang menjadi kendala. (2) Pendekatan supervisi kepala sekolah yang dilakukan di SMKN 2 Ponorogo menggunakan pendekatan supervisi pembelajaran direktif (langsung), sedangkan untuk pendekatan supervisi pembelajaran non direktif (tidak langsung) belum diterapkan dengan baik karena kepala sekolah sulit untuk ditemui. Dan untuk pendekatan kolaboratif juga belum diterapkan dikarenakan kedua pendekatan secara lagsung dan tidak langsung harus dilaksanakan secara bersamaan. (3) Hasil supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah di SMKN 2 Ponorogo adalah mampu meningkatkan profesional guru pada kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUKHIBAT
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:05
Last Modified: 23 Jun 2022 01:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19799

Actions (login required)

View Item View Item