Pembinaan Self Confidence Anak Asuh Melalui Kegiatan Muhadharah Di Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Nyai Ahmad Dahlan Ponorogo

RIta, Rita (2022) Pembinaan Self Confidence Anak Asuh Melalui Kegiatan Muhadharah Di Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Nyai Ahmad Dahlan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180425_RITA_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbicara mengenai percaya diri adalah hal yang sangat penting, terlebih bagi anak asuh. Percaya diri perlu untuk ditanamkan kepada setiap diri individu. Rasa percaya diri akan muncul dengan seiring berjalannya waktu, individu yang kurang percaya diri ketika berbicara di depan umum biasanya pengalaman yang masih sedikit dan kurangya rasa percaya diri. Sehingga perlu adanya suatu pembinaan self confidence (kepercayaan diri) terhadap individu, karena pembinaan merupakan proses membentuk kebiasaan serta mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Kegiatan muhadharah adalah kegiatan berpidato untuk menyampaikan ajaran agama islam kepada orang lain untuk berdakwah. Kegiatan muhadharah adalah kegiatan berpidato atau ceramah yang bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada orang lain, membangun mental anak asuh, serta percaya diri anak asuh ketika berbicara di depan umum.
Tujuan dari penelitian yaitu untuk: 1) untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan muhadharah dalam membina self confidence anak asuh di Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Nyai Ahmad Dahlan Ponorogo, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan self confidence anak asuh melalui kegiatan muhadharah di Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Nyai Ahmad Dahlan Ponorogo, 3) untuk mengetahui implikasi pembinaan self confidence melaluikegiatan muhadharah dalam membina self confidence anak asuh di Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Nyai Ahmad Dahlan Ponorogo.
Untuk menjawab permasalahan di atas, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneltian ini dilaksanakan di Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Nyai Ahmad Dahlan Ponorogo. Penelitian merupakan penelitian lapangan, yaitu pengumpulan data yang dilakukan di lapangan untuk menjalankan pengamatan pada suatu kejadian dalam keadan alamiah. Informan dari penelitian ini yaitu kepala panti, ustadzah pendamping muhadharah dan juga anak asuh Panti Asuhan Muhammadiyah Putri Nyai Ahmad Dahlan Ponorogo. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi yang bersifat non partisipasif, wawancara dengan teknik wawancara semi terstruktur serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis dapat ditemukan bahwa: 1) Pelaksanaan kegiatan muhadharah berjalan dengan lancar yang dilaksankan dua minggu sekali pada malam Sabtu dan diikuti oleh semua anak asuh yang ada di panti. 2) Faktor pendukung pembinaan self confidence anak asuh meelalui kegiatan muhadharah yaitu kemauan dan tekad anak asuh, tanggung jawab ustadzah pendamping, dukungan, dan motivasi. Faktor penghambat pembinaan self confidence anak asuh melalui kegiatan muhadharah ini yaitu kepribadian seperti malu, takut, tidak percaya diri dan kurangnya kedisiplinan anak asuh. 3) implikasi dari pembinaan self confidence anak asuh melalui kegiatan muhadharah yaitu berhasil meskipun belum sepenuhnya, anak asuh menjadi lebih percaya diri dan lebih positif, mental yang kuat dan wawasan yang luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:04
Last Modified: 23 Jun 2022 01:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19796

Actions (login required)

View Item View Item