Inovasi Manajemen Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Loyalitas Guru Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo

Jawahiroh, Hikmatul (2022) Inovasi Manajemen Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Loyalitas Guru Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
perpus Hikmatul jawahiroh.pdf

Download (867kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Jawahiroh, Hikmatul. 2022. Inovasi Manajemen Budaya Organisasi untuk Meningkatkan Loyalitas Guru di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Ghafar, M.Pd.I.
Kata Kunci : Inovasi Budaya Organisasi, Manajemen, Loyalitas Guru, SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo
Menurut UU No. 20 pasal 1 ayat 1, dan pasal 1 ayat 3 penyelenggaraan pendidikan memerlukan manajemen sebagai usaha mengatur keseluruhan sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan. Selain itu, terdapat juga istilah budaya organisasi sebagai salah satu penunjang terciptanya suasana belajar. SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo merupakan organisasi dengan budaya organisasi. Ada banyak budaya organisasi yang telah diterapkan, antara satu dengan yang lain saling bersinergi untuk menciptakan karakter dan perilaku yang diinginkan sesuai dengan visi, misi dan tujuan. Budaya organisasi yang ada diantara lain piket simpatik, pembiasaan sholat di sekolah, kajian selasa pagi bagi karyawan dan guru, darul arqom, out bond (sinergi building). Lembaga pendidikan sebagai penyelenggara pendidikan agar bisa terus bertahan di masa ini harus terus-menerus melakukan pembaharuan yang dibuat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan inovasi budaya organisasi yang dilakukan oleh SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo dalam program piket simpatik. Program piket simpatik adalah inovasi yang baru disadari nilai pembaharuannya sehingga bisa dikatakan sebagai salah satu inovasi budaya organisasi jenis discovery. Model inovasi perubahan dalam pendidikan di piket simpatik awal mulanya memakai Top-down model yakni inovasi pendidikan yang diciptakan pihk tertentu (pimpinan atau atasan) kepada bawahannya (lembaga pendidikan). Menganalisisnya melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi untuk meningkatkan loyalitas guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, melalui teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain, kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan SDM, Guru Matematika, Guru PKN, dan Guru PAI. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Perencanaan piket simpatik untuk meningkatkan loyalitas guru di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo dimulai dengan pelimpahan wewenang dan koordinasi untuk pembuatan jadwal piket simpatik secara kondisional. (2). Pelaksanaan piket simpatik yang dilakukan wakasek humas dan sdm untuk meningkatkan loyalitas guru di SMA Muhammadiyah 1 ponorogo dilakukan dengan penyambutan siswa di tempat yang telah ditentukan untuk melihat kesiapan siswa sebelum masuk pelajaran sesuai dengan jadwal. (3) Evaluasi piket simpatik dilakukan per tiga bulan sekali melalui absensi dan ditindaklanjuti sebagai salah satu pertimbangan pada nilai tanggung jawab pada Daftar Penilaian Kinerja Pegawai (DPKP). Evaluasi yang dilakukan sudah baik dilihat dari sudah terlaksananya seluruh proses yang telah direncanakan dan hasil perilaku yang ditampakkan oleh guru dengan indikasi berupa ketaatan peraturan, tanggung jawab, pengabdian, kejujuran, dan kesesuaian minat dengan pekerjaan sesuai dengan indikator loyalitas guru. Jadi melalui program piket simpatik dapat digunakan untuk meningkatkan loyalitas guru di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:11
Last Modified: 23 Jun 2022 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19792

Actions (login required)

View Item View Item