Pola Asuh Orang Tua terhadap Kesehatan Mental Anak Berkebutuhan Khusus dalam Novel Almond Karya Sohn Won Pyung

Sarantika, Pipin Alvia (2022) Pola Asuh Orang Tua terhadap Kesehatan Mental Anak Berkebutuhan Khusus dalam Novel Almond Karya Sohn Won Pyung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180216_Pipin Alvia Sarantika_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sarantika, Pipin Alvia. 2022. Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Novel Almond karya Sohn Won Pyung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultus Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuentie Sovia Puspidalia, M.Pd.
Kata Kunci: Pola asuh orang tua, Kesehatan Mental Anak Berkebutuhan Khusus, Novel Almond karya Sohn Won Pyung.
Pola asuh orang tua merupakan hubungan pola interaksi antara orang tua dan anak. Salah satu cara orang tua untuk berinteraksi kepada anak dengan cara penerapan aturan yaitu memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak. Pola asuh yang diterapkan setiap orang tua kepada anak tentunya berbeda-beda. Pola asuh orang tua yang berbeda-beda tersebut akan mempengaruhi kesehatan mental anak. Zaman sekarang kesehatan mental perlu dipandang sebagai suatu hal yang penting. Maka dari itu, orang tua perlu memikirkan kesehatan mental anak dengan menerapkan pola asuh yang baik sehingga kesehatan mental anak akan menjadi baik. Anak berkebutuhan khusus haruslah memiliki kesehatan mental yang baik yang dapat diwujudkan melalui penerapan pola asuh orang tua yang baik kepada anak.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesehatan mental pada tokoh Yoonjae dalam novel Almond, dan (2) mendeskripsikan pola asuh orang tua terhadap kesehatan mental dalam novel Almond. Selanjutnya, data penelitian ini diperoleh menggunakan kajian pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pegumpulan data melalui dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis isi. Sumber data primer yang digunakan, yaitu novel Almond karya Sohn Won Pyung dan sumber data sekunder yang digunakan, yaitu beberapa jurnal, buku dan artikel yang berkaitan dengan pola asuh orang tua terhadap kesehatan mental anak berkebutuhan khusus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesehatan mental pada tokoh Yoonjae yang dalam novel Almond dilihat dari teori Freund melalui aspek id berupa dari sikap peduli, kasih sayang dan rendah hati. Aspek ego ditunjukkan dengan sikap ketakutan dan kecemasan pada tokoh Yoonjae sedangkan super ego ditunjukkan sikap kepribadian moral pada tokoh. (2) pola asuh orang tua terhadap kesehatan mental anak berkebutuhan khusus dalam novel Almond karya Sohn Won Pyung, yaitu pola asuh otoriter, otoritatif dan pola asuh permisif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:09
Last Modified: 23 Jun 2022 01:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19790

Actions (login required)

View Item View Item