Peran Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa di MIN 1 Ponorogo

Rosiana, Rosiana (2022) Peran Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa di MIN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
210617121_ROSIANA_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rosiana. 2022. Peran Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa di MIN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mukhlison Effendi, M. Ag..
Kata Kunci: Orang Tua, Guru, Disiplin Belajar
Penulisan skripsi ini berdasarkan latar belakang mengenai peran orang tua dan guru dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di MIN 1 Ponorogo. Orang tua dan guru merupakan factor penting dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Peran keduanya merupakan bentuk kerjasama dalam meningkatkan disiplin belajar siswa melalui komunikasi dan motivasi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bagaimana peran orang tua dan guru dalam berkomunikasi untuk meningkatkan disiplin belajar siswa di MIN 1 Ponorogo, (2) Mendeskripsikan bagaimana peran orang tua dan guru dalam memotivasi untuk meningkatkan disiplin belajar siswa di MIN 1 Ponorogo, serta (3) Mendeskripsikan bagaimana pola asuh orang tua dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di MIN 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran orang tua dan guru dalam berkomunikasi untuk meningkatkan disiplin belajar siswa di MIN 1 Ponorogo penyampaian komunikasi dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Bentuk komunikasi yang dilakukan adalah komunikasi interpersonal, massa dan komunikasi grup (kelompok). (2) Peran guru dalam memotivasi untuk meningkatkan disiplin belajar siswa di MIN 1 Ponorogo ditunjukkan dengan pemberian semangat belajar (pemberian Tugas, PR dan Ulangan Harian), dorongan (sanksi/hukuman) serta apresiasi (reward, pujian dan penghargaan). Peran orang tua dalam memotivasi untuk meningkatkan disiplin belajar siswa di MIN 1 Ponorogo ditunjukkan dengan adanya bimbingan dan pendampingan belajar (menemani belajar anak), hukuman serta apresiasi (hadiah). (3) Pola asuh orang tua dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di MIN 1 Ponorogo menggunakan pola asuh otoritatif. Orang tua mendidik anaknya dengan kasih sayang melalui pendampingan dan bimbingan belajar, pemberian hukuman ketika anak melewati batasan serta pemberian hadiah ketika anak mecapai keberhasilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:01
Last Modified: 23 Jun 2022 01:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19779

Actions (login required)

View Item View Item