Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Budaya Literasi (Studi Kasus di SMPN 1 Jetis Ponorogo)

Hasanah, Hesty Wafriatul (2022) Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Budaya Literasi (Studi Kasus di SMPN 1 Jetis Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180099_HESTY WAFRIATUL HASANAH_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ...pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Hasanah, Hesty Wafriatul, 2022. Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Budaya Literasi studi kasus di SMPN 1 Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr.H. Muhammad Thoyib, M.Pd.I.
Kata Kunci : Manajemen Kesiswaan, Budaya Literasi
Pendidikan berfungsi membantu peserta didik dalam mengembangkan dirinya, yaitu pengembangan minat baca, kecakapan, kedisiplinan, serta karakteristik pribadi peserta didik ke arah yang positif. Salah satu yang mempengaruhi terhadap pengembangan peserta didik adalah minat baca yang kurang. Dengan membaca kita dapat menambah wawasan pengetahuan seperti pepatah berkata, membaca adalah jendela dunia dengan berbagai ilmu dituliskan. Dalam uji literasi, membuktikan Indonesia sangat rendah minat baca bagi peserta didik dibandingkan negara-negara lain di dunia. Menyikapi hal tersebut, maka manajemen kesiswaan menerapkan program gerakan literasi sekolah untuk menunjang minat baca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Perencanaan kesiswaan dalam meningkatkan budaya literasi; (2) Pelaksanaan kesiswaan dalam meningkatkan budaya literasi; (3) Evaluasi kesiswaan dalam meningkatkan budaya literasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini antara lain Kepala Sekolah, Ketua Manajemen Kesiswaan, Pengelola Program Literasi dan Siswa, serta dokumen-dokumen bukti pelaksanaan program literasi di SMPN 1 Jetis. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan, trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kesiswaan dalam meningkatkan budaya literasi di SMPN 1 Jetis dilakukan oleh kepala sekolah, manajemen kesiswaan, guru yang direncanakan di awal semester ganjil atau genap. Ada beberapa tahap dalam perencanaan budaya literasi yaitu mulai dari rapat dinas, rapat tim koordinasi, pemetaan data profil peserta didik, dan pemberian buku pedoman literasi; (2) Pada pelaksanaan kesiswaan dalam meningkatkan budaya literasi di SMPN 1 Jetis dijalankan oleh seluruh warga sekolah meliputi 2 jenis kegiatan literasi jangka pendek yakni perlombaan karya ilmiah peserta didik, peringatan bulan bahasa, serta kegiatan jangka panjang yang dilaksanakan rutin seperti, kegiatan literasi menulis kultum, kegiatan literasi SABU SAKU, pojok literasi, dan penerbitan karya ilmiah. Terlaksananya kegiatan program literasi di dukung berbagai faktor yakni SDM yang aktif dan professional, sarana dan prasarana dan anggaran literasi yang mencukupi; (3) Pada evaluasi kesiswaan dalam meningkatkan budaya literasi di SMPN 1 Jetis melibatkan guru maple jam pertama dan wali kelas dengan melalui tahap pengawasan, rapat mingguan kesiswaan bersama pengawas literasi menulis kultum, laporan pertanggung jawaban setelah akhir semester genap. Hal yang di evaluasi meliputi kendaa pada pelaksanaan program literasi. Rencana tindak lanjut hasil evaluasi pertanggung jawaban yaitu perbaikan kendala yang terjadi kedepannya dalam peningkatan pogram budaya literasi. (5). Implikasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan budaya literasi terjadi dengan adanya implementasi fungsi manajemen yang berdampak terhadap pelaksanaan kegiatan program budaya literasi secara keseluruhan seperti literasi membaca dan menulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:00
Last Modified: 23 Jun 2022 01:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19777

Actions (login required)

View Item View Item