Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Dan Lingkungan Keluarga Terdahap Akhlak Siswa Kelas XI IPS SMAN 6 Madiun Tahun Ajaran 2021/2022

Putra, Yulian Krismanto Casaka (2022) Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Dan Lingkungan Keluarga Terdahap Akhlak Siswa Kelas XI IPS SMAN 6 Madiun Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YULIAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Putra, Yulian Krismanto Casaka. 2022. Pengaruh Interaksi Teman Sebaya dan Lingkungan Keluarga terhadap Akhlak Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Sugiyar, M.Pd.I
Kata Kunci: Interaksi Teman Sebaya, Lingkungan Keluarga, Akhlak Siswa
Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena yang sering dijumpai, siswa yang diharapkan mempunyai perilaku, serta akhlak yang baik ternyata masih belum bisa mencerminkan hal tersebut. Dalam Pendidikan Agama Islam memberikan teladan untuk menjadi muslim yang baik dengan cara mengamalkan ajaran-ajaran yang sudah diberikan. Agama Islam mengajakan cara untuk mempunyai akhlakul karimah, yaitu akhlak yang baik. Siswa yang telah diberikan materi Pendidikan Agama Islam, yang kurang lebih 10 tahun dari Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas diharapakan mempunyai akhlak yang baik. Namun kenyataan yang terjadi di lapangan belum mencerminkan akhlak yang baik seperti yang diharapkan. Jadi mempunyai akhlak yang baik sangat penting, mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pendidikan Agama Islam demi mewujudkan generasi yang dapat dicontoh oleh generasi selanjutnya.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Madiun yang bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap akhlak siswa kelas XI IPS SMAN 6 Madiun Tahun Ajaran 2021/2022, (2) mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap akhlak siswa kelas XI IPS SMAN 6 Madiun Tahun Ajaran 2021/2022, (3) mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya dan lingkungan keluarga terhadap akhlak siswa kelas XI IPS SMAN 6 Madiun Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Jumlah populasi sebanyak 88 responden dan teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan teknik angket. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara interaksi teman sebaya terhadap akhlak siswa kelas XI IPS SMAN 6 Madiun Tahun Ajaran 2021/2022 sebesar 15,2%, (2) ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap akhlak siswa kelas XI IPS SMAN 6 Madiun Tahun Ajaran 2021/2022 sebesar 8,5%, (3) ada pengaruh yang signifikan antara interaksi teman sebaya dan lingkungan keluarga terhadap akhlak siswa kelas XI IPS SMAN 6 Madiun Tahun Ajaran 2021/2022 sebesar 21%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SUGIYAR
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:06
Last Modified: 23 Jun 2022 01:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19776

Actions (login required)

View Item View Item