PENGARUH METODE FUN LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMPN 2 PONOROGO

Lestari, Neni (2022) PENGARUH METODE FUN LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMPN 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
208180071_Neni Lestari_Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lestari, Neni. 2022. Pengaruh Metode Fun Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMPN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2021/ 2022. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Ilmu pengetahuan Sosial Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci : Metode pembelajaran Fun Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar.

Pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan atau penerapan metode pembelajaran yang kurang maksimal atau kurang cocok diterapkan pada pelajaran IPS Terpadu pada KD materi Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan. Sehingga dalam hal tersebut siswa merasa kurang bersemangat, kurang tertarik. Hal tersebut dapat mengakibatkan hasil belajar menjadi rendah dan kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui besar pengaruh metode fun learning dan minat terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 2 Ponorogo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif quasi exsperimen dalam bentuk non equivalent control grup design untuk metode fun learning.
Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII dan sampelnya adalah kelas VIII E dan VIII D yang berjumlah 64 siswa, instrumen hasil belajar berjumlah 25 soal, 20 pilihan ganda sedangkan 5 soal esai. Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Data gain score dianalisis menggunakan Uji Independent Sampel T-test menggunakan bantuan SPSS Versi 22. dengan penelitian ini menghasilkan perbedaan antara hasil belajar yang signifikan dengan menggunakan metode fun learning.
Peneliti mengunakan angket dengan menggunakan skala likert 5 pilihan dengan 15 pernyataan, populasi dalam penelitian ini ialah kelas VIII dan sampelnya adalah kelas VIII E, D. dengan menggunakan Uji Independent Sampel T-test untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan, dengan penelitian ini didapatkan perbedaan yang signifikan antara minat belajar yang menggunakan metode fun learning dan tanpa menggunakan metode fun learning. Sedangkan Pengaruh metode fun learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMPN 2 Ponorogo, dalam penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linier berganda yang menggunakan bantuan SPSS Versi 22 dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode fun learning dan minat belajar terhadap hail belajar sebesar 65,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: RISMA DWI ARISONA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:03
Last Modified: 23 Jun 2022 01:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19770

Actions (login required)

View Item View Item