KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 5 MI KRESNA MLILIR MADIUN

Nurjanah, Dwi Putri (2022) KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 5 MI KRESNA MLILIR MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, Iain Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180035_Dwi Putri Nurjanah_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nurjanah, Dwi Putri. 2022. Komparasi Hasil Belajar Siswa pada Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Youtube dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 MI Kresna Mlilir Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Zazak Soraya, M.Ed.
Kata Kunci: Video Pembelajaran, Youtube, Hasil Belajar
Pembelajaran yang menarik adalah pembelajaran yang memanfaatkan media sebagai sarana untuk menyampaikan materi, karena media membantu dalam proses pemahaman siswa dalam belajar yang tentunya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan juga teknologi sekarang, tentunya guru harus dituntut untuk lebih inovatif dalam memanfaatkan media pembelajaran, dalam hal ini dibutuhkan penggunaan media berbasis video contohnya dengan memanfaatkan adanya aplikasi youtube yang mana aplikasi ini sudah sangat tidak asing lagi bagi siswa, media ini lebih disukai siswa karena memiliki kelebihan, seperti materi pembelajaran mudah diingat, penjelasan materi mudah diakses dimanapun dan kapanpun.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen dalam pembelajaran tematik setelah diberi perlakuan video pembelajaran berbasis youtube, (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas kontrol dalam pembelajaran tematik tanpa diberi perlakuan video pembelajaran berbasis youtube, (3) mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran berbasis youtube terhadap hasil belajar siswa Kelas 5 MI Kresna Mlilir Madiun Tahun Ajaran 2021/2022.

Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pretest untuk menguji kesamaan kemampuan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, kemudian siswa diberikan soal posttest pilihan ganda. Analisis data hasil penelitian ini menggunakan uji statistika independent sampel t-tes. Subyek penelitian ini dilandaskan dengan karakteristik sebagai berikut: 1) siswa kelas 5 MI Kresna Mlilir Madiun; 2) banyaknya siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sama; 3) kemampuan akademik antara kelas eksperimen dan kontrol sama. Adapun subyek penelitian ini berjumlah 50 siswa yaitu 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Lokasi penelitian berada di MI Kresna Mlilir Madiun.

Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa (1) dengan menggunakan rumus kategori 3 jenjang diperoleh bahwa kelas posttest eksperimen paling banyak berada di kategori sedang yaitu 19 siswa atau 76%, kemudian kategori tinggi sebanyak 2 siswa atau 8%, dan paling sedikit kategori rendah 4 siswa atau 16%, (2) dengan menggunakan rumus kategori 3 jenjang diperoleh bahwa kelas posttest kontrol paling banyak berada di kategori sedang yaitu 15 siswa atau 60%, kemudian kategori tinggi sebanyak 6 siswa atau 24%, dan paling sedikit kategori rendah 4 siswa atau 16%, (3) dengan menggunakan rumus independent sampel test diperoleh bahwa Thitung 3,252 lebih besar Ttabel 2, 011sehingga H0 ditolak Ha diterima. Yang berarti penggunaan video pembelajaran berbasis youtube berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas 5 MI Kresna Mlilir Madiun. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 8, 80 dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 86, 80, sedangkan kelas kontrol adalah 78,00. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran berbasis youtube dalam pembelajaran tematik di kelas 5 MI Kresna Mlilir Madiun berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Zazak Soraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:57
Last Modified: 23 Jun 2022 00:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19766

Actions (login required)

View Item View Item