Manajemen Mutu Kearsipan Sekolah di SMP Negeri 5 Ponorogo

Susanti, Susi (2022) Manajemen Mutu Kearsipan Sekolah di SMP Negeri 5 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180117 SUSI SUSANTI Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (718kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Susanti, Susi. 2022, Manajemen Mutu Kearsipan Sekolah di SMP Negeri 5 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Muhammad Ghafar, M.Pd.I
Kata Kunci: Manajemen, Mutu Arsip Sekolah
Manajemen kearsipan di SMP Negeri 5 Ponorogo sangatlah penting karena arsip yang baik itu nantinya dapat memberikan sebuah pelayanan yang cepat dan tepat bagi yang membutuhkannya. Serta kemajuan suatu lembaga pendidikan atau sekolah baik milik swasta maupun pemerintah sangat ditentukan oleh baiknya pengelolaan administrasi seta arsipnya. Arsip disini merupakan kumpulan catatan atau rekaman dari setiap kegiatan. Arsip mempunyai peranan yang sangat penting bagi kelancaran administrasi sekolah nantinya..
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, mengetahui dan memahami: (1) Perencanaan pengelolaan mutu arsip sekolah, (2) Pelaksanaan dalam pengelolaan mutu arsip sekolah, (3) Evaluasi pengelolaan mutu arsip sekolah.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode study kasus, teknik pengumpulan data penlitian dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain kepala sekolah, koordinator tata usaha dan staf administrasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) perencanaan pengelolaan arsip terdapat beberapa tahap yaitu menyusun program kerja selama satu tahun kedepan, mengelola administrasi, mengkoordinasikan dan mengacu permendikbud No. 6 Th. 2009. Pada penyusunan program ada beberapa poin yang harus ada seperti halnya menetapkan tujuan yang jelas, menetapkan tenggang waktu, menuliskan rencana tindakan untuk mencapai tujuan yang jelas, melakukan pengorganisasian atau pembagian kerja dan menyiapakan evaluasi terhadap setiap perencanaan seperti halnya dalam perwatan dan pemeliharaan arsip. (2) pelaksanaan pengelolaan mutu arsip sekolah dilakukan dengan cara melaksanakan sesuai program kegiatan melalui koordinasi dan pengelolaan bersinergi yang dilakukan setiap jam kerja, serta faktor pendukung dalam pelaksanaan disini yaitu tenaga pengelola yang terampil dan menguasai bidangnya. (3) pada tahap evaluasi pengelolaan mutu arsip sekolah pelaksana melakukan laporan kepada koordinator tata usaha sekolah, kemudian koordinator tata usaha melakukan konsolidasi dengan kepala sekolah. Dan untuk menindak lanjuti hasi evaluasi tersebut yaitu dengan melakukan sebuah pendampingan terhadap tenaga administrasi serta pendampingan dalam pengelolaan mutu arsip. Dalam hasil evaluasi diketahui bahwasannya pelaksanaan pengelolaan arsip sudah sesuai dengan prosedur kearsipan walaupun belum seratus persen terlaksan dan pengelola arsip begitu terampil dan menguasai bidangnya, bukti kearsipan seperti halnya pengarsipan surat menyurat, dan penyimpanana arsip. Tindak lanjut dari evaluasi tata usaha dalam pengelolaan mutu arsip sekolah yaitu melakukan sebuah Pembinaan terhadap tenaga administrasi serta pendampingan dalam pengelolaan mutu arsip. Tujuan diadakannya evaluasi disini yakni untuk meminimalisir kekurangan dari tahun sebelumnya dan juga sebagai bahan pertimbangan untuk program selanjutmya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:56
Last Modified: 23 Jun 2022 00:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19764

Actions (login required)

View Item View Item