Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Padangan Bojonegoro Tahun 2021/2022

Astuti, Dwi (2022) Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Padangan Bojonegoro Tahun 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 201180065 DWI ASTUTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Astuti, Dwi. Hasil belajar adalah terjadinya tingkah laku pada diri seseorang yang dapat diamati dan diukur bentuk pengetahuan, sikap, dan ketrampilan. Peruabahan tersebut diartikan sebagai terjadinya peningkatan dan pengembangan yang lebih dari sebelumnya. Hasil belajar diberikan kepada siswa sebagai salah satu alat ukur yang digunakan untuk menilai atau mengukur kemampuan belajar siswa melalui nilai, angka, dan simbol. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti mendapatkan hasil bahwa hasil belajar siswa SMPN 2 Padangan Bojonegoro kususnya kelas VII masih memerlukan bimbingan kusus dalam proses belajar mengajar, hal itu ditandai dengan nilai siswa masih belum memenuhi KKM, siswa kurang mampu dalam menangkap materi yang disampaikan guru sehingga menyebabkan siswa kurang paham dengan materi yang disampaikan guru, dalam kegiatan belajar banyak siswa yang ramai bahkan bermain dalam kelas, dan yang terakhir masih banyak siswa yang tidak mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru.
Adapun tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti dalam pembahasan skripsi ini adalah 1) untuk mengetahui signifikansi pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Padangan Bojonegoro tahun 2021/2022, 2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh motivasi belajar terhadap terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Padangan Bojonegoro tahun 2021/2022, 3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh kemampuan komunikasi guru dan motivasi belajar siswa kelas VII SMPN 2 Padangan Bojonegoro tahun 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier ganda. Dan untuk mengetahui terdapat pengaruh atau tidak antar variabel menggunakan rumus regresi sederhana dan regresi berganda. Teknik pengampilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel random dengan tabel kretjcie, yaitu dengan jumlah populasi 136 menjadi 116 sampel. Adapun teknik pengempulan data dengan menggumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) kemampuan komunikasi guru berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Padangan Bojonegoro tahun 2021/2022 dengan besarnya pengaruh sebesar 10,2%, 2) motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Padangan Bojonegoro tahun 2021/2022 dengan besarnya pengaruh sebesar 8,1%, dan 3) adanya pengaruh kemampuan komunikasi guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Padangan Bojonegoro tahun 2021/2022 dengan besarnya pengaruh sebesar 18%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Retno Widyaningrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:02
Last Modified: 23 Jun 2022 01:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19763

Actions (login required)

View Item View Item