Pengaruh Pemahaman Ilmu Nahwu dan Metode Bandongan Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Ali Muttaqin Tahun Ajaran 2020/2021

Aziz, Fauzan Aqib Nur (2022) Pengaruh Pemahaman Ilmu Nahwu dan Metode Bandongan Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Ali Muttaqin Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
FAUZAN AQIB NUR AZIZ 210317317 E-THESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aziz, Fauzan Aqib Nur, 2022. Pengaruh Pemahaman Ilmu Nahwu Dan Metode Bandongan Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Ali Muttaqin Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pemahaman Ilmu Nahwu, Metode Bandongan, Membaca Kitab Kuning
Ilmu nahwu merupakan pondasi untuk memahami kitab kuning. Dalam membaca kitab kuning, ilmu nahwu merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan oleh seorang dalam membaca kitab kuning. Secara teoritis memahami ilmu nahwu merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca kitab kuning, karena dengan memahami ilmu nahwu dapat memudahkan dalam membaca kitab kuning sehingga dalam pembelajaran di pondok pesantren akan terasa mudah nyaman, sehingga semangat untuk membaca kitab kuning. Dengan adanya metode bandongan yang dilakukan di pondok pesantren, santri merasa lebih dipermudahkan lagi dalam membaca kitab kuning, maka metode bandongan dapat menumbuhkan kemampuan mufrodat, kedudukan bacaan, tarqib kalimat terjemah kalimat di dalam kitab kuning.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh pemahaman ilmu nahwu terhadap kemampuan membaca kitab kuning di pondok pesantren Ali Muttaqin Ponorogo, (2) Untuk mengetahui pengaruh metode bandongan berpengaruh terhadap kemampuan membaca kitab kuning di pondok pesantren Ali Muttaqin Ponorogo, (3) Untuk mengetahui pengaruh pemahaman ilmu nahwu dan metode bandongan berpengaruh terhadap kemampuan membaca kitab kuning di pondok pesantren Ali Muttaqin Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi rapot. Populasi dari penelitian ini adalah santri kelas 2, 3, 4, 5, 6 madrasah diniyah Raudlatul Huda yang berjumlah 47 dan sampel yang digunakan adalah seluruh popolasi. Analisis data yang digunakan regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Adapun problemnya Peneliti menemukan masalah pada santri kelas 2, 3, 4 yang masih belum bisa menbaca kitab gundul, mentarqib, dan mentasrifkan lafadz, padahal di dalam pembelajaran diniyah sudah dikenalkan dari kelas 2 yaitu kitab sabrowi dan untuk kelas 3 dan 4 kitab jurumiyah.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) Pemahaman ilmu nahwu ini mempunyai pengaruh terhadap kemampuan membaca kitab kuning sebesar 19,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain, (2) Metode bandongan ini mempunyai pengaruh terhadap kemampuan membaca kitab kuning sebesar 17,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. (3) ada pengaruh pemahaman ilmu nahwu dan metode bandongan terhadap kemampuan membaca kitab kuning di pondok pesantren ali muttaqin patihan wetan babadan ponorogo adalah sebesar 26,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:02
Last Modified: 23 Jun 2022 01:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19762

Actions (login required)

View Item View Item