(KEASLIAN TULISAN BELUM ADA..UPLOAD ULANG)..Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Dampak Negatif Media Sosial Bagi Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Mojopurno Ngariboyo Magetan

Latifah, Umrotul (2022) (KEASLIAN TULISAN BELUM ADA..UPLOAD ULANG)..Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Dampak Negatif Media Sosial Bagi Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Mojopurno Ngariboyo Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180228_UMROTUL LATIFAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Latifah, Umrotul. 2022. Upaya guru akidah akhlak dalam mengatasi dampak negatif media sosial kelas VII MTs Ma’arif Mojopurno. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Elfi Yuliani Rochmah, M.Pd.I
Kata Kunci : Guru Akidah Akhlak, Dampak Negatif, Media sosial
Seiring dengan perkembangan media sosial yang semakin maju terdapat banyak hal-hal positif dan negatif yang disebabkan media sosial. Media sosial memberikan dampak yang tidak baik pada peserta didik, media sosial juga memberikan efek perilaku menyimpang dengan cara menirukan sesuatu yang mereka lihat di media sosial dari bentuk tayangan video sampai gambar-gambar. Konten-konten tersebut dapat diakses peserta didik melalui whatsaap, tiktok, instagram, dan you tube. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut guru akidah akhlak mengupayakan pencegahan dampak negatif media sosial terhadap perilaku peserta didik di MTs Ma’arif Mojopurno.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan tindakan guru akidah akhlak dalam menyiasati dampak negatif media sosial bagi siswa kelas VII MTs Ma’arif Mojopurno, (2) Mengetahui hambatan dan dukungan guru akidah akhlak dalam mengatasi dampak negatif media sosial bagi siswak kelas VII MTs Ma’arif Mojopurno.
Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif deskriptif yang mengkaji secara nyata tentang fenomena-fenomena media sosial yang memberikan dampak negatif media sosial khususnya peserta didik kelas VII MTs Ma’arif Mojopurno Ngariboyo Magetan. Dalam hal ini pengumpulan data dilakukan dengan melalui metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi dengan teknis analisis data, reduksi data, penyajian, menarik kesimpulan atau verifikasi, dan pengecekan keabsahan data.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tindakan guru akidah akhlak: Upaya preventif upaya ini dilakukan untuk memberikan kegiatan kegiatan positif yang bernuansa Islam i, seperti sholat dhuhur berjamaah, sholat dhuha berjamaah, serta menghafal surat-surat pendek dan doa sehari-hari. Selain itu guru akidah akhlak juga memberika control kepada peserta didik berupa sanksi-sanksi. Upaya kuratif upaya kuratif yang diberikan guru akidah akhlak kepada peserta didik adalah dengan cara memberikan sosialisasi kepada peserta didik kelas VII, melakukan razia handphone kepada seluruh peserta didik, memberikan nasehat serta memberikan pembiasaan-pembiasaan yang baik kepada peserta didik. (2) Faktor penghambat guru akidah yaitu kurangnya kasih sayang dan perhatian dari keluarga, memiliki kebiasaan yang kurang bak di lingkungan masyarakat, serta banyaknya waktu luang peserta didik sehingga mereka dapat melakukan sesuatu sesuai keinginannya. Adapun faktor pendukung adalah suma guru khususnya guru akidah akhlak ikut serta dalam pencegahan dampak negatif media soisal, memberikan dan menjadwalkan kegiatan kegiatan yang positif, memberikan kegiatan yang bernuansa ke Islam an, serta memberikan contoh dan jteladan yang baik kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:01
Last Modified: 23 Jun 2022 01:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19760

Actions (login required)

View Item View Item