Persepsi Siswa Terhadap Akhlak Berbusana Muslim di MTs Negeri 1 Pacitan

Mufida, Hana (2022) Persepsi Siswa Terhadap Akhlak Berbusana Muslim di MTs Negeri 1 Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180323 HANA MUFIDA PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mufida, Hana. 2022. Persepsi Siswa Terhadap Akhlak Berbusana Muslim di MTs Negeri 1 Pacitan. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing, Erwin Yudi Prahara, M.Ag

Kata Kunci: Persepsi, Akhlak, Berbusana Muslim

Peraturan yang ada di setiap sekolah pasti hampir sama, seperti di MTs Negeri 1 Pacitan hampir mirip dengan peraturan di pondok pesantren. Karena salah satu peraturan yang paling esensial di MTs adalah berbusana muslim pada siswa. Para guru dan kepala sekolah sangat antusias dalam mengingatkan siswa untuk berbusana yang benar sesuai dengan syariat Islam. Hal ini terlihat masih ada beberapa siswa yang kurang mematuhi aturan berbusana. Dengan ini dibuktikan adanya siswa yang memakai busana muslim seperti, menggunakan pakaian ketat sehingga memperlihatkan lekuk tubuh, pakaian tidak menyentuh tenah sehingga kaki terbuka bagi perempuan, menggunakan celana busana muslim yang ketat sehingga memperlihatkan lekuk tubuh. Berbusana muslim di lingkungan sekolah MTs Negeri 1 Pacitan memiliki pengaruh yang sangat luar biasa. Akan tetapi diantara para siswa masih ada yang melanggar. Siswa memiliki alasan untuk membela diri karena mengikuti trend fashion zaman ini. Sehingga aturan dan nasihat dari guru perlu ditegakkan secara tegas agar tidak menimbulkan hal yang negatif di lingkungan sekolah. Adanya aturan akhlak dalam berbusana muslim di MTs Negeri 1 Pacitan agar siswa mampu menutup aurat sesuai dengan aturan sekolah dan syariat Islam.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana persepsi`siswa terhadap kewajiban berbusana muslim di MTs Negeri 1 Pacitan (2) Untuk mengetahui bagaimana dampa penerapan akhlak berbusana muslim terhadap siswa di MTs Negeri 1 Pacitan.
Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif. Pendekatan menggunakan studi kasus. Teknik penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deduktif dan induktif dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Pandangan siswa MTs Negeri 1 Pacitan terhadap gaya berbusana pakaian muslim berbeda-beda. Akan tetapi perbedaan pandangan tersebut karena hanya adanya pengaruh modernisasi dalam gaya busana. Siswa MTs Negeri 1 Pacitan mengetahui tentang cara berbusana muslim yang baik dan benar. Mereka juga mengetahui tentang batasan aurat baik laki-laki maupun perempuan (2) Dampak penerapan kebijakan berbusana muslim ini dan dipadukan dengan pembiasaan keagamaan yang lain terbukti dapat mengarahkan perkembangan pikiran dan mental siswa menuju kearah yang sesuai dengan hal yang baik dan positif. Dengan adanya siswa memakai busana muslim di MTs Negeri 1 Pacitan akan memberikan dampak bahwa siswa-siswi akan terjaga dari perilaku yang menyimpang, akan terjaga kehormatannya, dan juga dengan memakai busana muslim siswa mampu menjaga identitas seorang muslim. Kehidupan sosial siswa menjadi lebih terkontrol, membuat anak didik mempunyai kehidupan yang religius dan taat terhadap agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:00
Last Modified: 23 Jun 2022 01:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19759

Actions (login required)

View Item View Item