Peran Guru dalam Meningkatkan Sikap Spiritual dan Penguatan Mental Anak di Taman Pendidikan Al-Qur'an Abdullah pada Masa Pandemi (Nawangan, Pacitan)

Avivah, Inggit Khusnul (2022) Peran Guru dalam Meningkatkan Sikap Spiritual dan Penguatan Mental Anak di Taman Pendidikan Al-Qur'an Abdullah pada Masa Pandemi (Nawangan, Pacitan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 201180109 INGGIT KHUSNUL AVIVAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Avivah, Inggit Khusnul. 2022. Peran TPQ Abdullah dalam Meningkatkan Sikap Spiritual dan Penguatan Mental Anak pada Masa Pandemi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muhammad Heriyudanta, M. Pd.I.

Kata kunci: Peran Guru, Sikap Spiritual, Penguatan Mental
Pandemi yang terjadi sekitar tahun 2019 akhir yang disebabkan oleh virus covid mengakibatkan, semua pihak mengalami perubahan yang sangat signifikan dalam semua bidang khususnya, dalam bidang pendidikan. Membuat pembelajaran menggunakan sistem offline dibarengi dengan sistem online. Hal tersebut menjadi kurang efektif dalam pembelajaran terlebih, pada sikap spiritual dan penguatan mental anak. Sehubungan dengan hal tersebut, peneliti mengadakan penelitian di TPQ Abdullah, Nawangan yang pada masa pandemi, TPQ ini masih aktif dalam membimbing anak-anak belajar Al-Quran serta menjadikan TPQ sebagai tempat pengganti dari sekolah untuk meningkatkan sikap spiritual dan penguatan mental anak. Sebab, sikap spiritual dan mental yang sehat menjadi modal utama dan penting untuk menjalani kehidupan sehari-hari selama pandemi apalagi, untuk perkembangan dari anak-anak.
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui peran guru dalam proses penyelenggaraan pembelajaran di TPQ Abdullah pada masa pandemi. (2) Untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat dari proses peningkatan sikap spiritual dan penguatan mental di TPQ Abdullah pada masa pandemi. (3) Untuk mengetahui implikasi guru dalam proses peningkatan sikap spiritual dan penguatan mental di TPQ Abdullah pada masa pandemi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti ingin mengetahui bagaimana, peran TPQ Abdullah dalam meningkatkan sikap spiritual dan penguatan mental anak pada masa pandemi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Serta teknik analisis data menurut Milles dan Huberman yang dilakukan dengan tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian, sebagai berikut: (1) Peran guru dalam penyelenggaraan pembelajaran di TPQ Abdullah pada masa pandemi, tetap diadakan dengan metode blended learning. Komponen dalam pembelajaran seperti, guru, peserta didik, metode, dan lain sebagainya sudah terpenuhi di TPQ Abdullah ini. (2) Faktor-faktor pendukung dari proses peningkatan sikap spiritual antara lain seperti: motivasi dari dalam diri anak, motivasi dari teman lain, pemberian hadiah atau reward, dan sebagainya. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: rasa malas, pengaruh teman sepermainan, pengaruh gadget, dan sebagainya. Kemudian faktor-faktor pendukung dari penguatan mental anak, antara lain seperti: interaksi yang terjaga, motivasi dari guru, dan sebagainya. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: tersebarnya berita-berita palsu/ hoax, anak takut mengeksplor diri mengenai masalah yang dihadapi, dan pengaruh dari gadget. (3) Implikasi guru dalam proses peningkatan sikap spiritual dan penguatan mental di TPQ Abdullah pada masa pandemi sudah meningkat seperti, sikap spiritual anak seperti mengaji, sholat fardhu bahkan sunnah, dan sebagainya sudah mulai berkembang. Selain itu, keadaan mental anak-anak selama pandemi juga membaik. Terlihat anak-anak menjadi lebih ceria dan percaya diri dalam beraktivitas, dan tingkat kecemasan mereka pun berkurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:57
Last Modified: 23 Jun 2022 00:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19754

Actions (login required)

View Item View Item