Upaya Membentuk Efikasi Diri Siswa Melalui Program Majelis Muroqobah Di MAN 1 Magetan

Rahmawati, Gita (2022) Upaya Membentuk Efikasi Diri Siswa Melalui Program Majelis Muroqobah Di MAN 1 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180090_GITA RAHMAWATI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pada masa pandemi covid-19 banyak sekolah yang diliburkan dan pelaksanaan pembelajarannya dilaksanakan secara online. Pembelajaran yang dilaksanakan secara online membawa dampak negatif bagi siswanya. Dampak negatif yang dialami yaitu siswa mengalami antisosial. Antisosial yang dialami siswa disebabkan karena siswa terbiasa untuk menyendiri. Antisosial yang dialami siswa akan mempengaruhi efikasi diri atau kepercayaan diri yang dimiliki oleh siswa. Karena siswa bersikap antisosial maka efikasi diri yang dimilikinya semakin menurun. Padahal efikasi diri merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi nilai yang didapat siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui latar belakang efikasi diri anggota Majelis Muroqobah di MAN 1 Magetan. (2) Untuk mengetahui upaya pembentukan efikasi diri anggota Majelis Muroqobah MAN 1 Magetan. (3). Untuk mengetahui hasil upaya pembentukan efikasi diri anggota Majelis Muroqobah MAN 1 Magetan.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan menggunakan subjek penelitian anggota Majelis Muroqobah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deduktif dan induktif. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan model Menurut Milles & Huberman yang meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Ujian keabsahan data yang digunakan adalah validitas, reabilitas, dan kredibilitas data.
Dalam penelitian dapat diambil kesimpulan dari hasil upaya meningkatkan efikasi diri anggota Majelis Muroqobah di MAN 1 Magetan: (1) Anggota Majelis Muroqobah sebelum mengikuti ekstrakurikuler sudah pernah mengikuti ekstrakurikuler lain dan kegiatan di sekolahnya dulu, sehingga tingkat efikasi dirinya lebih baik daripada siswa lain yang tidak mengikuti organisasi sebelumnya. Perbedaan efikasi diri yang dimiliki siswa dapat dilihat dari tiga aspek pembentukan efikasi diri, aspek pembetukan efikasi diri tersebut yaitu magnitude,strength, dan generality (2) Upaya yang dilakukan dalam membentuk efikasi diri anggota Majelis Muroqobah, yaitu dengan cara memperbanyak kegiatan yang dilaksanakan. (3) Hasil dari membentuk efikasi diri anggota Majelis Muroqobah, yaitu nggota mampu menyelesaikan tugas yang ditanggungnya dengan baik dan juga memiliki pengalaman, wawasan serta pengetahuan yang luas. Selain itu, dengan berbagai pengalaman dari kegaiatan yang diadakan anggota memiliki keyakinan bahwa mereka mampu mengerjakan tugas yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:57
Last Modified: 23 Jun 2022 00:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19753

Actions (login required)

View Item View Item