PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIDATO SANTRI MELALUI KEGIATAN MUḤAḌARAH DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH MANGUNSUMAN SIMAN PONOROGO

Ihwan, Saiful (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIDATO SANTRI MELALUI KEGIATAN MUḤAḌARAH DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH MANGUNSUMAN SIMAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180433_Saiful Ihwan_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ihwan, Saiful. 2022. Peningkatan Kemampuan Berpidato
Santri Melalui Kegiatan Muḥaḍarah Di Pondok
Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman
Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Erwin
Yudi Prahara, M.Ag.
Kata Kunci: Pidato dan Muḥaḍarah
Berpidato merupakan sesuatu keterampilan dan
bentuk seni yang harus dimiliki oleh setiap orang.
Namun tidak semua orang itu mampu jika harus
berbicara di depan umum. Bergitu pula yang terjadi di
pondok pesantren Al-Barokah yang telah terdapat
kegiatan latihan berpidato, namun masih terdapat
kekurangan seperti belum mampunya santri berbicara di
depan umum, kurang aktifnya santri untuk mengikuti
dan kepercayaan diri santri yang masih minim. Oleh
karena itu diperlukan strategi yang dalam kegiatan
latihan berpidato untuk memaksimalkan kegiatan pidato
agar santri ketika pulang ke rumah masing-masing
dapat mentransfer ilmunya kepada masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui
strategi yang digunakan pengurus dan pelaksanaannya
dalam meningkatkan kemampuan berpidato santri
dalam kegiatan muḥaḍarah di Pondok Pesantren ―Al-Barokah‖ Mangunsuman. 2) Mengetahui faktor
pendukung dan penghambat kegiatan muḥaḍarah di
Pondok Pesantren ―Al-Barokah‖ Mangunsuman. 3)
Bagaimana implikasi kegiatan muḥaḍarah terhadap
kemampuan berpidato santri.
Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah
Pengasuh Pondok Pesantren ―Al-Barokah‖, pengurus
pondok dan santri dengan teknik pengumpulan data
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah
menggunakan analisis data model Miles dan Huberman
yang meliputi proses reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan, serta menggunakan proses
berfikir deduktif. Uji keabsahan data yang digunakan
adalah teknik triangulasi data, pengamat, teori dan
metode.
Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan: 1) Strategi yang dilakukan oleh pengurus
pondok dalam meningkatkan kemampuan berpidato
santri melalui kegiatan muḥaḍarah di Pondok Pesantren
―Al-Barokah‖ adalah melaksanakan kegiatan
muḥaḍarah secara rutin, mengadakan lomba pidato,
pemberian hadian (reward) dan pemberian hukuman
(punishment). Untuk pelaksanaan kegiatan sudah
berjalan terarah dan baik. 2) Faktor pendukung antara
lain: kegiatan muḥaḍarah adalah kegiatan yang wajib
diikuti oleh santri, dukungan dari pengasuh pondok
untuk meningkatkan bahasa, dilaksanakan secara rutin,
keaktifan pengurus, ustaz-ustazah yang berkompeten.
Faktor penghambatnya antara lain: kurangnya
kesadaran santri mengenai pentingnya latihan berpidato,
penguasaan bahasa santri yang masih kurang, kurangnya kepercayaan diri santri. 3) Terdapat dampak
yang dirasakan oleh para santri setelah mengikuti
kegiatan muḥaḍarah. Antara lain santri lebih percaya
diri ketika berbicara di depan umum, dapat belajar
banyak ilmu yang didapat dari hasil mendengarkan
pidato yang disampaikan dan mengasah kemampuan
berbahasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:52
Last Modified: 23 Jun 2022 00:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19749

Actions (login required)

View Item View Item