Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel "Janji" Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam

Aimmah, Afifatul (2022) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel "Janji" Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180006_AFIFATUL AIMMAH_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aimmah, Afifatul. 2022. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Janji” Karya Tere Liye dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.Pembimbing, Drs. Waris, M.Pd..
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan Agama Islam.
Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan dari pendidikan. Hal ini termaktub dalam UU Sisdiknas tahun 2003. Hal ini juga sejalan dengan Pendidikan Agama Islam yang memiliki tujuan membentuk manusia menjadi insan kamil. Akan tetapi, dalam praktiknya masih banyak pendidikan yang fokus pada aspek kognitif saja. Fokus yang juga mengarah pada nilai akhir ini tak lain hanya mencetak manusia seperti robot. Akhirnya, dalam diri individu masih memiliki egoisme tinggi hingga marak kejadian tawuran, bullying, pemerkosaan, hamil di luar nikah, dan sebagainya. Dari permasalahan karakter ini, banyak tokoh yang ikut andil dalam memberikan sumbangan. Tak terkecuali melalui karya fiksi berbentuk novel. Dalam praktiknya, nilai yang terkandung dalam novel bisa digunakan sebagai sarana pendidikan karena di dalamnya mengandung nilai-nilai karakter dan memiliki relevansi dengan pendidikan agama Islam.
Tujuan diadakan penelitian ini adalah 1) untuk memaparkan nilai-nilai karakter dalam novel Janji karya Tere Liye, 2) untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Janji karya Tere Liye dengan pendidikan agama Islam.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kajian pustaka (library research) yang menganalisis suatu permasalahan suatu secara sistematis dan akurat mengenai fakta dan objek tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari literature, melokalisasi, dan menganalisis dokumen.
Dalam penelitian ini ditemukan: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Janji karya Tere Liye meliputi nilai religius, jujur, toleransi, kerja keras, disiplin, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. 2) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Janji karya Tere Liye dengan pendidikan agama Islam meliputi tiga nilai. Nilai akidah relevan dengan nilai religius. Nilai syariah (ibadah) relevan dengan nilai kerja keras, kreatif, disiplin, dan gemar membaca. Nilai syariah (muamalah) relevan dengan nilai demokratis, rasa ingin tahu, komunikatif/bersahabat, dan cinta damai. Nilai akhlak relevan dengan nilai jujur, toleransi, mandiri, peduli sosial, peduli lingkungan, dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:50
Last Modified: 23 Jun 2022 00:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19747

Actions (login required)

View Item View Item