Upaya Guru Dalam Penanaman Sikap Dan Perilaku Sopan Santun Melalui Pembelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII B Di SMPN 1 Sambit Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022

Sudarsono, Lutfiyana Nanda (2022) Upaya Guru Dalam Penanaman Sikap Dan Perilaku Sopan Santun Melalui Pembelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII B Di SMPN 1 Sambit Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180066_LUTFIYANA NANDA SUDARSONO_IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sudarsono, Lutfiyana Nanda . 2022. Upaya Guru Dalam Penanaman Sikap dan Perilaku Sopan Santun Melalui Pembelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII B Di SMPN 1 Sambit Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.

Kata Kunci: Upaya Guru, Sikap dan Perilaku Sopan Santun, Pembelajaran IPS Terpadu

Sikap dan perilaku sopan santun dikatakan sebagai cerminan diri yang menunjukkan kualitas kepribadian siswa. Dalam hal ini SMPN 1 Sambit Ponorogo merupakan lingkungan pendidikan dengan jumlah siswa yang banyak dan memiliki karakter atau sikap yang beragam. Pada kenyataan yang ada sikap sopan santun di lingkungan sekolah semakin berkurang dan mengakibatkan kebobrokan moral yang berdampak pada perilaku siswa. Kurangnya sikap dan perilaku sopan santun terlihat ketika siswa acuh tak acuh dan berbicara kurang santun kepada guru, sering berbicara kasar/kotor dan mengolok-olok teman yang lain. Ketika mengikuti proses belajar mengajar beberapa siswa terlihat mengantuk bahkan tidur di kelas, bermain HP, berbicara dengan temannya, dan terdapat beberapa pelanggaran lain yang biasa dilakukan yakni, berpakaian kurang rapi dan terlambat datang ke sekolah. Dari hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait dengan permasalahan ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikanupaya guru dalam penanaman sikap dan perilaku sopan santun melalui pembelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII B di SMPN 1 Sambit Ponorogo tahun ajaran 2021/2022, (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru dalam penanaman sikap dan perilaku sopan santun melalui pembelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII B di SMPN 1 Sambit Ponorogo tahun ajaran 2021/2022, (3) menganalisis dampak penanaman sikap dan perilaku sopan santun siswa melalui pembelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII B di SMPN 1 Sambit Ponorogo tahun ajaran 2021/2022.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan ini adalah cara yang tepat untuk mengungkap upaya guru dalam penanaman sikap dan perilaku sopan santun siswa. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles, Huberman dan Saldana yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Upaya guru dalam penanaman sikap dan perilaku sopan santun dilakukan melalui keteladanan guru, penyampaian nilai-nilai sosial melalui materi pembelajaran yaitu materi interaksi sosial, penerapan program 5 S, dan pembiasaan sholat dhuha. (2) Faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam penanaman sikap dan perilaku sopan santun adalah lingkungan keluarga, teman sebaya, dan lingkungan sekolah. (3) Dampak penanaman sikap dan perilaku sopan santun adalah adanya perubahan sikap dan perilaku siswa yang positif dan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Apalagi setelah diterapkannya program 5 S, siswa menjadi lebih ramah, ketika berbicara juga menggunakan bahasa yang santun serta berkurangnya bentuk pelanggaran tata tertib atau pelanggaran sopan santun. Siswa dapat lebih menghargai dan menghormati guru dan teman sebayanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:53
Last Modified: 23 Jun 2022 00:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19744

Actions (login required)

View Item View Item