Implementasi Metode Brainstorming Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo

Mustikasari, Dhea Fitaloka (2022) Implementasi Metode Brainstorming Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
208180051_Dhea Fitaloka Mustikasari_TIPS.pdf

Download (541kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mustikasari, Dhea Fitaloka. 2022. Implementasi Metode Brainstorming Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Prof. Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf M.Ag.

Kata Kunci : Berpikir Kritis, Pembelajaran IPS, Siswa Kelas VII.

Guru memegang peranan strategis sebagai pendidik khususnya dalam upaya mencetak bangsa melalui pembelajaran, siswa merupakan target dalam pembelajaran IPS untuk menerapkan metode Brainstorming dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo telah menerapkan metode brainstorming dalam kurun waktu yang lama dan ini menjadi menarik karena tidak banyak sekolahan yang telah menerapkan metode brainstorming ini dengan metode yang diterapkan ini siswa berdasarkan hasil wawancara sebelumnya sudah mulai meningkat hasil berfikir kritisnya.
Penelitian yang peneliti lakukan ini bertujuan untuk: (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan metode brainstorming dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran IPS siswa kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo. (2) untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam menerapkan metode brainstorming pada pembelajaran IPS siswa kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo. (3) untuk mendeskripsikan hasil dari penerapan metode brainstorming dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran IPS siswa kelas VII SMPN 1 Sambit Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu peneliti sebagai sumber utama penelitian dalam proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif, dengan menggunakan konsep Miles dan hubermen dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil analisis ditemukan bahwa: (1) Guru telah menerapkan metode brainstorming dengan baik dan meningkatnya kemampuan berfikir kritis siswa sehingga siswa lebih aktif dalam menyampaikan ide dan gagasan yang mereka temukan serta kemampuan berfikir siswa menjadi lebih terasah. (2) Kendala yang dihadapi oleh guru yaitu waktu yang sangat terbatas dan antusias siswa yang kurang dalam mengikuti pembelajaran serta siswa yang kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapatnya akan tetapi kendala tersebut dapat di minimalisir oleh guru. (3) Guru telah berhasil melakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa melalui pembelajaran IPS dengan metode brainstorming sehingga dapat dilihat dari perubahan siswa yang sekarang lebih percaya diri untuk mengemukakan pendapat yang dimiliki dan siswa menjadi lebih aktif dalam diskusi berlangsung sehingga membuat kelas menjadi hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:41
Last Modified: 23 Jun 2022 00:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19743

Actions (login required)

View Item View Item