Pemikiran Humanisme KH. Abdurrahman Wahid Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam: Studi Atas Karya Syaiful Arif Humanisme Gus Dur

Saputra, Depri Fija (2022) Pemikiran Humanisme KH. Abdurrahman Wahid Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam: Studi Atas Karya Syaiful Arif Humanisme Gus Dur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DEPRI FIJA SAPUTRA 201180295 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Saputra,Depri Fija . 2022. Pemikiran Humanisme KH. Abdurrahman Wahid dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Studi Atas Karya Syaiful Arif Humanisme Gus Dur. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mambaul Ngadhimah.M.Ag.

Kata Kunci: Humanisme, KH. Abdurrahman Wahid, Pendidikan Islam.
Humanisme merupakan paham yang mempunyai tujuan menumbuhkan rasa perikemanusiaan dan bercita-cita untuk menciptakan pergaulan hidup manusia yang lebih baik. Namun pada saat ini banyak berbagai konflik kemanusiaan yang dilatar belakangi berbagai perbedaan seperti agama, suku, dan budaya, yang menyebabkan ketidakadilan dan keharmonisan antar sesama umat manusia. Salah satu tokoh yang lekat dengan pemikiran humanisme di Indonesia adalah KH. Abdurrahman Wahid. Humanisme menjadi salah satu wacana yang menjadi perhatian bagi pemikiran Beliau. Bagaimanakah pemikiran humanisme KH.Abdurrahman Wahid dalam studi karya Syaiful Arif Humanisme Gus Dur, sesuatu hal yang menarik untuk diteliti.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1) Bagaimana Pemikiran Humanisme KH. Abdurrahman dalam Studi Atas Karya Syaiful Arif Humanisme Gus Dur?, (2) Bagaimana Relevansi Pemikiran Humanisme KH. Abdurrahman Wahid dengan Pendidikan Islam?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (Library Research) yaitu dengan menelaah dan membaca bahan-bahan pustaka seperti buku-buku atau dokumen-dokumen, dengan teknik pengumpulan data yang meliputi dokumentasi dan studi pustaka. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis) yaitu melakukan himpunan dan analisis terhadap dokumen-dokumen yang resmi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Maksud dari humanisme Gus Dur adalah pemuliaan Gus Dur atas martabat manusia yang tinggi, khususnya dihadapan Tuhan, dan oleh karena itu manusia harus dimuliakan. Terdapat beberapa pemikiran humanisme Gus Dur yaitu, kemanusiaan, Ketauhidan, Etika sosial, Modernisasi, Keadilan. Kedua, relevansinya dengan pendidikan Islam yaitu, (1) Salah satu bukti berhasilnya sebuah proses pendidikan adalah kemanusiaan, yakni manusia yang senantiasa mengagungkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusian. (2) Keyakinan tauhid dan ketaatan kepada syariat merupakan buah keberhasilan dari proses pendidikan Islam yang akan mewujudkan kecintaan kepada sesama manusia. (3) Etika sosial berguna dalam dunia pendidikan Islam saat ini khususnya kepada anak yang perlu pendidikan etika sosial sejak dini terutama akhlak sosial. (4) Kebebasan berpikir dan tidak kolot terhadap semua pengetahuan termasuk pemikiran dari Barat, diharapkan mampu menjadi sebuah referensi pada setiap proses pengetahuan Islam yang akan membawa pada kemajuan. (5) keadilan dan persaudaraan setiap muslim satu dengan muslim lainnya adalah laksana satu bangunan yang tidak dapat diruntuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:51
Last Modified: 23 Jun 2022 00:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19741

Actions (login required)

View Item View Item