(UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH PDF..)Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di MTs Ma’arif Balong, Ponorogo, Tahun Ajaran 2021/2022

Fuwa, Muhamad Nur Faizi Putra (2022) (UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH PDF..)Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di MTs Ma’arif Balong, Ponorogo, Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI UPLOUD E-THESIS (FAIZI).doc

Download (3MB)

Abstract

Faizi, Muhamad Nur. 2022. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII Di MTs Ma’arif Balong, Ponorogo, Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.
Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Hasil Belajar IPS siswa.
Orang tua mempunyai peran penting dalam perkembangan fisik maupun psikis anak. Perhatian, bimbingan, serta dukungan yang diberikan orang tua tentunya sangat dibutuhkan oleh anak dalam seluruh aspek kehidupan, salah satunya dalam aspek pendidikan. Bimbingan yang diberikan orang tua tentunya sedikit banyak bercermin pada pengalaman pendidikan yang telah dilalui. Oleh karena itu, tingkat pendidikan orang tua merupakan salah satu faktor pendukung anak untuk dapat berprestasi dan memperoleh hasil belajar dengan baik.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah: (1) mengetahui tingkat pendidikan orang tua siswa kelas VIII MTs Ma’arif Balong, Ponorogo, tahun ajaran 2021/2022, (2) mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas VIII MTs Ma’arif Balong, Ponorogo, tahun ajaran 2021/2022, (3) menjelaskan tingkat pendidikan orang tua SD-SMP, SMA, maupun Perguruan Tinggi memiliki perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Balong, Ponorogo, Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan regresi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan rumus statistik uji One Way ANOVA dengan bantuan penghitungan program SPSS statistics 25. Selanjutnya, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 50 siswa, dan sampel yang diambil adalah 100% dari jumlah populasi yaitu 50 siswa dengan rincian 28 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan.
Dari penelitian sederhana ini, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Dominasi tingkat pendidikan orang tua siswa kelas VIII di MTs Ma’ arif Balong, Ponorogo, tahun ajaran 2021/ 2022 adalah dalam kategori SD-SMP, yaitu dengan nilai prosentase 46%. (2) Hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran IPS siswa kelas VIII di MTs Ma’ arif Balong, Ponorogo, tahun ajaran 2021/ 2022 adalah dalam kategori belum tuntas, yaitu dengan nilai prosentase 58%. (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Balong, Ponorogo, antara tingkat pendidikan orang tua SD-SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:48
Last Modified: 23 Jun 2022 00:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19735

Actions (login required)

View Item View Item