Penanaman Nilai Karakter Pada Lembaga Pendidikan Islam Non Formal (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Kanjeng Sunan Badegan Ponorogo)

'Azizah, Alviatul (2022) Penanaman Nilai Karakter Pada Lembaga Pendidikan Islam Non Formal (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Kanjeng Sunan Badegan Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180021_ALVIATUL 'AZIZAH_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
‘AZIZAH, ALVIATUL, Karakter bangsa merupakan aspek penting dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini.Tujuan utama dari adanya pendidikan karakter adalah untuk membangun kepribadian, watak, budi pekerti yang luhur pada setiap peserta didik sebagai modal dasar dalam berkehidupan di tengah-tengah masyarakat, baik sebagai umat beragama, maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penanaman pendidikan karakter sejak dini tidak hanya dilakukan oleh lembaga pendidikan formal seperti sekolah atau madrasah, namun di samping itu terdapat pula lembaga pendidikan islam non-formal yang concern dalam upayanya mendidik anak dengan nilai-nilai karakter mulia.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui nilai karakter apa yang ditanamkan di Madrasah Diniyah Kanjeng Sunan Badegan Ponorogo, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat proses penanaman nilai karakter di Madrasah Diniyah Kanjeng Sunan Badegan Ponorogo (3) untuk mengetahui bagaimana dampak penanaman nilai karakter terhadap perilaku santri di Madrasah Diniyah Kanjeng Sunan Badegan Ponorogo,.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa (1) Nilai karakter yang di tanamkan di Madrasah Diniyah Kanjeng Sunan Badegan Ponorogo meliputi karakter religius, disiplin, sopan santun, dan rendah hati. (2) faktor pendukung proses penanaman nilai karakter di Madrasah Diniyah Kanjeng Sunan adalah adanya upaya dan kerja sama yang baik antara berbagai pihak, mulai dari pengelola, ustadz dan ustadzah hingga orang tua santri, selain itu dengan adanya kepercayaan dan dukungan penuh dari masyarakat sekitar dan pemerintah desa Karangjoho. Sedangkan faktor penghambat proses penanaman nilai karakter di Madrasah Diniyah Kanjeng Sunan adalah adanya beberapa orang tua santri yang kurang memiliki kepedulian terhadap pendidikan, kurangnya tenaga pendidik laki-laki, dan faktor media berupa gadget. (3) Dampak penanaman nilai karakter di Madrasah Diniyah Kanjeng Sunan Badegan Ponorogo adalah adanya perubahan dan peningkatan pada karakter religius, karakter disiplin, karakter sopan santun, dan karakter rendah hati pada diri setiap santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:46
Last Modified: 23 Jun 2022 00:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19733

Actions (login required)

View Item View Item