Implementasi Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Moivasi Belajar IPS Tematik Siswa Kelas V MI Ma'arif Kemuning Tahun Ajaran 2021-2022

Aufiyaauddin, Hayyik Dwi (2022) Implementasi Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Moivasi Belajar IPS Tematik Siswa Kelas V MI Ma'arif Kemuning Tahun Ajaran 2021-2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180178_Hayyik Dwi Aufiyaauddin_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Aufiyaauddin, Hayyik Dwi .. Penerapan Motode Pembelajaran kerja kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Dalam Pelajatran IPS Tematik Siswa kelas V MI Ma’arif Kemuning. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Belakangan ini motivasi belajar siswa rendah. Hal ini di karenakan metode pembelajaran yang di gunakan masih konfensional sehingga siswa cepat merasa bosan ketika kegiatan pembelajaran berlangsung oleh karena itu di butuhkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang dapat di gunakan yaitu metode kerja kelompok.
Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui implementasi metode kerja kelompok untuk menumbuhkan motivasi belajar IPS siswa, (2) Mengetahui perencanaan pembelajaran dengan metode kerja kelompok pada pembelajaran IPS yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas Kurt Lwin. Penelitian ini di laksanakan sampai dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleks. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V MI Ma’arif Kemuning jumlah siswa sebanyak 11 anak. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif Kemuning
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kerja kelompok pada siklus I mencapai 59,55%. Pada siklus II persentase motivasi belajar sebesar 83,82%. Berdasarkan persentase dari kedua siklus menunjukan presentase motivasi belajar pada siklus II menunjukan lebih tinggi dari pada siklus I. Oleh karena itu implementasi metode kerja kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar pada IPS tematik siswa kelas V MI Ma’arif Kemuning.

Kata Kunci: Metode; kerja; Kelompok; motivasi; IPS Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:45
Last Modified: 23 Jun 2022 00:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19732

Actions (login required)

View Item View Item