Pengaruh Gaya Belajar dan Minat Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas XI MIPA di MAN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022

Rizqika, Anisa Ilma (2022) Pengaruh Gaya Belajar dan Minat Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas XI MIPA di MAN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Anisa Ilma (ethesis).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rizqika, Anisa Ilma. 2022. Pengaruh Gaya Belajar dan Minat terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas XI MIPA di MAN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ju’ Subaidi, M. Ag.
Kata Kunci: Pengaruh, Gaya Belajar, Minat, Hasil Belajar, Akidah Akhlak

Hasil belajar akidah akhlak adalah penilaian akhir dari proses yang telah dilakukan berulang-ulang serta tersimpan dalam jangka waktu lama karena hasil belajar turut membentuk pribadi individu utamanya pada pelajaran akidah akhlak yang mempelajari tentang perilaku, adab, dan etika. Hasil belajar akidah akhlak sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya gaya belajar dan minat belajar. Jika pembelajaran akidah akhlak tidak dilakukan secara optimal maka akan berdampak pada hasil belajar yang menurun. Fakta tersebut terjadi di MAN 2 Ponorogo yang mana terdapat 64 dari 140 siswa atau 45% tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan angka 75 pada Ujian Akhir Semester Ganjil tahun Ajaran 2021/2022.
Penenlitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui gaya belajar siswa, (2) mengetahui minat belajar siswa, (3) mengetahui hasil belajar akidah akhlak siswa, (4) mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar akidah akhlak, (5) mengetahui pengaruh minat terhadap hasil belajar akidah akhlak, (6) mengetahui pengaruh gaya belajar dan minat terhadap hasil belajar akidah akhlak.
Penenlitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis survey. Populasi dalam penelitian sebanyak 140 siswa sedangkan sampel yang diambil sebanyak 100 siswa. Teknik sampling menggunakan simple random. Penenlitian ini menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data dan data dianalisis menggunakan regresi liniear berganda dengan bantuan SPSS Versi 25.
Temuan penelitian ini adalah; (1) terdapat 38 siswa bergaya belajar visual, 33 bergaya belajar auditori, dan 29 bergaya belajar kinestetik. (2) terdapat 15 siswa memiliki minat belajar berkategori baik, 69 berkategori cukup, dan 16 berkategori kurang. (3) terdapat 10 siswa memiliki hasil belajar berkategori baik, 74 berkategori cukup, dan 16 berkategori kurang. (4) terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar akidah akhlak sebesar 80,7%. (5) terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar akidah akhlak sebesar 85,8%. (6) terdapat pengaruh gaya belajar dan minat terhadap hasil belajar akidah akhlak sebesar 89,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju' Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:44
Last Modified: 23 Jun 2022 00:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19731

Actions (login required)

View Item View Item