Implementasi Metode An-Nahdliyah Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Santri TPQ Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo

Saiful Bahri, Mohammad (2022) Implementasi Metode An-Nahdliyah Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Santri TPQ Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Mohammad Saiful Bahri 201180149.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Bahri, Mohammad Saiful. 2022. Implementasi Metode An-Nahdliyah Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Santri TPQ Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I.

Kata Kunci: Implementasi, Metode An-Nahdliyah, Kesulitan Membaca al-Qur’an.

Mempelajari al-Qur’an merupakan hal yang wajib bagi umat Islam terutama tentang tata cara membaca dan melantunkannya serta hukum-hukumnya yang benar. TPQ Al-Hasan merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan pondok pesantren tahfidzul Qur’an Al-Hasan khusus untuk menangani anak-anak mulai dari umur 6 sampai 13 tahun. Tidak terlepas dari hal itu, di TPQ Al-Hasan memiliki problem kesulitan membaca, kesulitan membaca di sini merupakan hal yang pasti terjadi pada diri anak-anak, khusunya yang masih duduk di kelas satu dan TK (persiapan), di kelas ini rata-rata berusia 6 samapai 7 tahun, anak-anak di kedua kelas ini mengalami kesulitan membaca berupa belum memahami huruf hijaiyah, dan belum lancar dalam membaca huruf hijaiyah bahkan belum hafal huruf hijaiyah. Maka dari itu, terasa penting bagi peneliti untuk melakukan penelitian di lokasi tersebut.
Melihat pemaparan di atas, penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: 1) untuk memaparkan bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa dalam pembelajaran al-Qur’an di TPQ Al-Hasan; 2) untuk mendeskripsikan penerapan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran al-Qur’an di TPQ Al-Hasan; 3) untuk mengungkap implikasi dari penerapan metode An-Nahdliyah dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an santri di TPQ Al-Hasan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data Miles & Huberman, meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: (1) di TPQ Al-Hasan, rata-rata siswa/santri mengalami kesulitan dalam pembelajaran al-Qur’an, kebanyakan santri yang masih baru yakni siswa/santri yang ada di kelas TK (Persiapan) dan kelas satu. Adapun bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami santri adalah a) sulit untuk diajak berinteraksi; b) masih malu-malu; c) Masih kurang percaya diri karena tergolong santri baru; d) Tidak memiliki teman; e) Sulit diatur karena seenaknya sendiri; (2) Penerapan Metode An-Nahdliyah di TPQ Al-Hasan hanya berlaku di dua kelas saja yakni kelas TK dan kelas satu. Kitab yang digunakan adalah kitab An-Nahdliyah jilid 1, penerapan metode An-Nahdliyah di TPQ Al-Hasan menggunakan beberapa metode yakni metode demonstrasi dan ceramah. Untuk metode demonstrasi unstadz memberikan materi berupa gambar di papan tulis, ustadz akan mengambil beberapa sampel huruf yang nantinya anak-anak tinggal menirukan arahan dari ustadz, ustadz juga mengimbanginya dengan arahan ketukan, ustadz memberikan gerakan dan arahan untuk membantu para santri pada saat melafalkan huruf Hijaiyah, untuk metode ustadz menggunakannya ketika akan memberikan materi yang ditulis kepada para santri di kelas TK- dan kelas satu, metode ini digunakan ketika ada materi tambahan ataupun akan yang akan disampaikan; (3) bahwa dampak yang ditimbulkan oleh penerapan metode An-Nahdliyah terdapat peningkatan dalam hal kemampuan santri dalam hal: a) makharijul huruf para santri dalam melafalkan huruf hijaiyah menjadi lebih baik; b) santri kelas TK dan kelas satu dapat membedakan cara membaca huruf hijaiyah; c) hafalan huruf hijaiyah santri kelas TK dan kelas satu menjadi lebih baik; d) santri kelas TK dan kelas satu sudah bisa menulis huruf hijaiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 08:25
Last Modified: 22 Jun 2022 08:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19717

Actions (login required)

View Item View Item