Pola Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Di MTs Wahid Hasyim Tahun Pelajaran 2020/2021

Fitriani, Defrika Wahyu (2022) Pola Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Di MTs Wahid Hasyim Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316178_DEFRIKA WAHYU FITRIANI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Pola Kepemimpinan, Kompetensi Pedagogik dan Professional
Kepala sekolah yang menjadi ikon penting dalam lembaga pendidikan, segala prosedur pembelajaran yang dipegang guru akan selalu di bimbing dan di monitoring, baik yang berkaitan dengan perangkat pembelajaran maupun proses pembelajaran. Sebagai seorang pemimpin kepala sekolah punya andil besar dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan professional guru. Dimana guru merupakan komponen paling menentukan, karena ditangan gurulah kurikulum, sumber belajar, sarana dan prasarana dan iklim pembelajaran menjadi sesuatu yang berarti bagi kehidupan peserta didik. Untuk itu, guru harus mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilannya dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kondisi empiris kepemimpinan kepala MTs Wahid Hasyim dalam meningkatkan kemampuan profesionalisme dan pedagogic; 2) Mengetahui faktor pendorong dan penghambat pola kepemimpinan; 3) serta mengetahui upaya dalam meningkatkan kemampuan profesionalisme dan pedagogik guru tersebut.
Untuk menjawab pertanyaan di atas penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif serta dilaksanakan di Mts Wahid Hasyim Kapuran Badegan. Adapun subjek penelitian adalah kepala madrasah dan beberapa guru yang mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik penelitian wawancara, dokumentasi dan observasi.
Berdasarkan analisis hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan professional guru di MTs Wahid Hasyim sudah baik dengan menggunakan gaya kepemimpinan demokrasi serta sesuai dengan tugas fungsinya sebagai kepala madrasah. Namun, kurang disiplin dalam kegiatan sekolah seperti upacara bendera dan kegiatan pembelajaran; 2) Faktor pendukung antara lain mengadakan pertemuan dengan jajaran dewan guru, mengikuti kegiatan MGMP, workshop atau pelatihan, serta ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah belum ada rekan yang sepadan, terjadi mutasi guru, pengendalian emosi dan kedisiplinan yang kurang, serta kondisi lingkungan masyarakat sekitar; 3) Upaya kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru adalah membangun soliditas antar elemen, mengingatkan semua guru agar memenuhi prosedur yang telah ditetapkan dalam proses pembelajaran dan melakukan analisis terhadap kemampuan peserta didik, pembinaan dan pengembangan kemampuan guru melalui kegiatan MGMP, workshop, aktif mengikuti bimtek, seminar dan kegiatan kolektif lainnya yang dapat menunjang kemampuan guru, serta melakukan evaluasi dan monitoring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 08:23
Last Modified: 22 Jun 2022 08:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19714

Actions (login required)

View Item View Item