Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusi dalam Sirah Nabi Muhammad SAW (Studi Analisis Kitab Nurul Yaqin Karya Muhammad Al-Khudhari Bek)

Maulidiyah, Luthfiatul Lu'luil (2022) Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusi dalam Sirah Nabi Muhammad SAW (Studi Analisis Kitab Nurul Yaqin Karya Muhammad Al-Khudhari Bek). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180136_LUTHFIATUL LU'LUIL MAULIDIYAH_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Maulidiyah, Luthfiatul Lu’luil. 2022. Pendidikan Agama Islam Berbasis Inklusi dalam Si>rah Nabi Muhammad SAW (Studi Analisis Kitab Nu<rul Yaqi<n Karya Muhammad Al-Khudhari Bek). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mughniatul Ilma, M.H..

Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, inklusi, si>rah, Nabi Muhammad SAW, kitab Nu>rul Yaqi<n
Indonesia adalah negara multikultural karena memiliki banyak keberagaman, baik dari budaya, suku, bahasa, agama, dan lain-lain yang menjadi salah satu kekayaan negara serta disatukan dalam sebuah persamaan sebagai warga negara Indonesia. Namun berbagai perbedaan ini seringkali menimbulkan permasalahan antar masyarakat karena sikap eksklusif dan kurangnya rasa menghargai perbedaan mereka. Salah satu cara untuk menanamkan sikap menghargai adalah melalui pendidikan dengan mengajarkan pendidikan berbasis inklusi sehingga orang akan berpikiran terbuka dan dapat menerima perbedaan sebagai anugerah. Kehidupan sebagai warga negara demokrasi yang multikultiral perlu adanya saling keterbukaan. Pendidikan yang inklusi berarti berupaya mendewasakan manusia dengan sistem pembelajaran yang terbuka, dinamis, dan rasional untuk mencapai kedamaian dan kesejahteraan bermasyarakat. Pendidikan berbasis inklusi ini perlu diajarkan dalam Islam agar memupuk sikap menghargai umat Islam dalam menghadapi multikultural di Indonesia, karena nilai-nilai pendidikan berbasis inklusi dalam Islam telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam si>rah beliau. Salah satu kitab yang memuat si>rah Nabi Muhammad SAW adalah kitab Nu>rul Yaqi>n karya Asy-Syaikh Muhammad Al-Khudhari Bek.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis si>rah Nabi Muhammad dalam kitab Nu>rul Yaqi>n karya Muhammad Al-Khudhari Bek, (2) menganalisis konsep pendidikan Agama Islam berbasis inklusi berdasarkan si>rah Nabi Muhammad SAW dalam kitab Nu>rul Yaqi>n karya Muhammad Al-Khudhari Bek, dan (3) menganalisis implementasi nilai pendidikan agama Islam berbasis inklusi berdasarkan si>rah Nabi Muhammad SAW pada kitab Nu>rul Yaqi<n dalam realita kehidupan.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang menggunakan jenis penelitian kualitatif library research (riset kepustakaan) dan pendekatan historis filosofis. Data yang digunakan berbentuk dokumen, dengan sumber data primer berupa kitab Nu>rul Yaqi>n dan sumber data sekunder berupa buku Islam Inklusif karya Alwi Shihab serta referensi lain yang mendukung. Teknik pengumpulan datanya adalah dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya adalah content analysis (analisis isi).
Berdasarkan analisis penelitian, ditemukan bahwa (1) si>rah Nabi Muhammad SAW dalam kitab Nu>rul Yaqi<n terdiri dari ketika di Mekkah, beliau berdakwah secara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan sedangkan di Madinah mengajarkan nilai-nilai agama dan bermasyarakat. (2) Nilai-nilai pendidikan agama Islam berbasis inklusi Nabi Muhammad SAW adalah toleransi antar umat beragama, mengharigai hak individu, menunjung tinggi kesetaraan sosial, dan sikap keterbukaan. (3) Implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam berbasis inklusi dalam realita kehidupan dilakukan dengan toleransi ketika menghadapi keragaman agama, menyikapi orang lain tanpa memandang latar belakang, memperlakukan semua orang sama, serta menjalin komunikasi yang baik dengan mereka yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:52
Last Modified: 22 Jun 2022 07:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19705

Actions (login required)

View Item View Item