..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PDA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DGN TTD ASLI, UPLOAD ULANG)..Upaya Guru Dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Siswa Kelas XI Di MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jimbe Jenangan Ponorogo

Wahyuni, Sri (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PDA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DGN TTD ASLI, UPLOAD ULANG)..Upaya Guru Dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Siswa Kelas XI Di MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jimbe Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESIS 201180447 SRI WAHYUNI.pdf

Download (876kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wahyuni, Sri. 2022. Upaya Guru Dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Siswa Kelas XI Di MA Muhammadiyah Yanggong, Jimbe, Jenangan, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakiem, M. Ag.

Kata Kunci : Upaya Guru, Perilaku Menyimpang, dan Siswa Kelas XI.

Perilaku menyimpang adalah perilaku yang tidak sesuai dengan tahapan perbaikan dan tidak selalu sesuai dengan norma yang relevan. Perilaku menyimpang disini juga disebut dengan perilaku negatif. Kedudukan pengajar di MA Muhammadiyah 2 Yanggong dalam menanggulangi perilaku menyimpang mahasiswa sebagai pembimbing, motivator, dan evaluator. Kajian ini dilakukan untuk mengurangi dan menyelamatkan siswa dari perilaku menyimpang di MA Muhammadiyah 2 Yanggong. Penanaman dan pembinaan karakter siswa harus dilakukan sejak dini sehingga siswa memiliki perilaku yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan apa saja bentuk perilaku menyimpang siswa kelas XI di MA Muhammadiyah 2 Yanggong, Jimbe, Jenangan, Ponorogo (2) mengetahui faktor penyebab terjadinya perilaku menyimpang pada siswa kelas XI di MA Muhammadiyah 2 Yanggong, Jimbe, Jenangan, Ponorogo (3) menderkripsikan bentuk upaya guru dalam menanggulangi perilaku menyimpang siswa kelas XI di MA Muhammadiyah 2 Yanggong, Jimbe, Jenangan, Ponorogo.
Penelitian ini direncanakan dengan rancangan deskriptif kualitatif studi kasus di MA Muhammadiyah 2 Yanggong, Jimbe, Jenangan, Ponorogo. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan mentode analisis data dari Miles Huberman, yang mencangkup pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data kemudian kesimpulan agar memperoleh hasil terbaik.
Hasil penelitian menujukkan bahwa dapat disimpulkan bahwa: upaya guru dalam menanggulangi perilaku menyimpang siswa kelas XI di MA Muhammadiyah 2 Yanggong, Jimbe, Jenangan, Ponorogo, yaitu : (1) Penyimpangan yang muncul di MA Muhammadiyah 2 Yanggong Jimbe, Jenangan, Ponorogo adalah penyimpangan yang sangat ringan. Perilaku menyimpang yang terlihat disini antara lain yaitu meyontek, terlambat, membolos, berkelahi, kurangnya kesadaran dalam membawa masker, kurangnya sikap tanggung jawab dalam mengerjakan tugas, dan kurangnya patuh terhadap guru. (2) Faktor-faktor yang menjadi penyebab perilaku menyimpang siswa adalah faktor teman, faktor keluarga, dan faktor lingkung. (3) Upaya guru dalam menanggulangi perilaku menyimpang adalah upaya preventif yang dilakukan melalui cara mengarahkan siswa untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, sedangkan upaya represif dilakukan melalui pemberian sanksi jika siswa melakukan pelanggaran, sedangkan upaya kuratif melalui bimbingan secara terus-menerus untuk mengembangkan kesadaran siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:51
Last Modified: 22 Jun 2022 07:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19704

Actions (login required)

View Item View Item