Pengaruh Proses Belajar dan Interaksi Sosial terhadap Kesehatan Mental Siswa di MTs Ma'arif Balong Ponorogo

Sari, Wahyu Retno (2022) Pengaruh Proses Belajar dan Interaksi Sosial terhadap Kesehatan Mental Siswa di MTs Ma'arif Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Ethesis IAIN Ponorogo 201180233 Wahyu Retno Sari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesehatan mental merupakan kondisi dimana sesorang berperilaku secara normal dan tidak ada keluhan baik secara fisik maupun mentalnya. Kesehatan mental juga dapat dikatakan kemampuan beradaptasi manusia dengan alam dan manusia lainnya. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kesehatan mental siswa, misalnya dipengaruhi oleh proses belajar dan inetarksi sosial dengan sesama. Kesehatan mental di sekolah perlu lebih diperhatikan secara mendalam oleh semua pihak, karena kesehatan fisik dan mental sangat penting. Jika ada gangguan fisik dan mental akan menghambat kehidupan.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh proses belajar terhadap kesehatan mental siswa di MTs Ma’arif Balong Ponorogo, 2) Mengetahui pengaruh interaksi sosial terhadap kesehatan mental siswa di MTs Ma’arif Balong Ponorogo, 3) Mengetahui pengaruh proses belajar dan interaksi sosial terhadap kesehatan mental siswa di MTs Ma’arif Balong Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi yang digunakan sejumlah 150 siswa, dan sampelnya sebanyak 109 siswa. Untuk mengetahui informasi dengan menggunakan penyebaran angket dalam pengumpulan data. Analisis data yang digunakan dalam analisis ini yaitu menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 25.
Dari penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Proses belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kesehatan mental dengan hasil perhitungan regresi linier sederhana bahwa Sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga tolak H0 dengan pengaruh sebesar 47,2%. 2) Interaksi Sosial berpengaruh secara signifikan terhadap kesehatan mental siswa dengan hasil perhitungan regresi linier sederhana bahwa Sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga tolah H0 dengan pengaruh sebesar 59,3%. 3) Proses belajar dan interaksi sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan mental siswa dengan hasil perhitungan regresi linier berganda bahwa Sig. 0,000 lebih kecil dari0,05 Sehingga tolak H0 dengan pengaruh sebesar 78,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:50
Last Modified: 22 Jun 2022 07:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19703

Actions (login required)

View Item View Item