PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN LITERASI AL-QUR’AN SISWA DI SMA NEGERI 3 PONOROGO

BAHRUDIN, AYUB (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN LITERASI AL-QUR’AN SISWA DI SMA NEGERI 3 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180477_AYUB BAHRUDIN_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahrudin, Ayub. 2022. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Al-Qur’an Siswa di SMA Negeri 3 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Moh. Miftahul Choiri, M.A.
Kata Kunci: Peran, Guru PAI, Siswa, Literasi al-Qur’an.
Literasi al-Qur’an pada siswa adalah kemampuan untuk membaca dan menulis al-Qur’an. Kemampuan literasi al-Qur’an hendaknya diajarkan sejak manusia masih dalam keadaan anak-anak. Dalam proses pengajaran tentunya tidak terlepas dari guru yang akan mengajarkan keilmuan. Guru dan siswa merupakan aspek penting dalam keberlangsungan proses pembelajaran. Guru PAI yang mengajarkan keilmuan agama khususunya keilmuan tentang al-Qur’an. Guru PAI juga menjadi sosok penting dalam proses pembelajaran agar mencapai tujuan yang diinginkan. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an ini tentu tak lepas dari adanya kesulitan dan rintangan yang akan dialami oleh peserta didik. Dari hal inilah diperlukan peran dan upaya yang harus dilakukan oleh Guru PAI untuk mengatasi kesulitan yang dialami oleh siswa. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi al-Qur’an di SMA Negeri 3 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui proses peningkatan kemampuan literasi al-Qur’an di SMA Negeri 3 Ponorogo, dan (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses peningkatan kemampuan literasi al-Qur’an di SMA Negeri 3 Ponorogo dan (3) Mengetahui upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan literasi al-Qur’an siswa di SMA Negeri 3 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian sebagai studi kasus. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data menurut Miles dan Huberman dalam Sugiyono yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Proses program literasi al-Qur’an yang dilakukan oleh SMA Negeri 3 Ponorogo adalah dengan mengadakan kegiatan ekstra atau tambahan dengan menunjuk guru PAI sebagai Pembina kegiatan tersebut. Pada saat kegiatan setiap siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan masing-masing yakni yang kurang kemampuan membaca dibina 2 guru PAI dan yang kurang kemampuan menulis dibina 1 guru PAI. (2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah rendahnya motivasi, dorongan dan semangat dari siswa itu sendiri. Selain itu kemampuan yang kurang dari setiap individu peserta didik. Sedangkan faktor pendukung kegiatan literasi al-Qur’an di SMA Negeri 3 Ponorogo adalah adanya dukungan penuh yang diberikan oleh seluruh masyarakat sekolah termasuk bapak kepala sekolah, guru, staf, karyawan. Selain itu ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai yang dapat menunjang terlaksananya program literasi al-Qur’an sehingga program ini dapat berjalan dengan baik.(3) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan literasi al-Qur’an siswa di SMA Negeri 3 Ponorogo diantaranya: memberikan fasilitas baik tempat dan waktu yang memadai, mengajak para siswa untuk melakukan pembiasaan membaca beberapa surat dalam al-Qur’an setiap pagi di awal pembelajaran, memberikan bimbingan khusus dengan penambahan waktu dan materi terkait al-Qur’an bagi para peserta didik baik secara individu maupun kelompok, dan memberikan pelatihan tambahan bagi beberapa siswa yang kesulitan dalam belajar al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MOH. MIFTACHUL CHOIRI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:47
Last Modified: 22 Jun 2022 07:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19697

Actions (login required)

View Item View Item