..(PERBAIKI FORMAT PENULISAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PEPRUS, UPLOAD ULANG)...Problematika Pembelajaran Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Al-Jayadi Tahun Ajaran 2021-2022

Naddhiroh, Hidayatun (2022) ..(PERBAIKI FORMAT PENULISAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PEPRUS, UPLOAD ULANG)...Problematika Pembelajaran Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Al-Jayadi Tahun Ajaran 2021-2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180330_Hidayatun Naddhiroh_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Naddhiroh, Hidayatun. 2022. Problematika Pembelajaran Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Al-Jayadi Tahun Ajaran 2021-2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Wibowo M.Pd.I.
Kata Kunci : Problematika, Pembelajaran Luring, Masa Pandemi Covid-19.
Di era pandemi Covid-19 saat ini dunia pendidikan memiliki tugas yang tidak ringan dalam proses pembelajaran. Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini melumpuhkan beberapa sektor kehidupan baik sosial, ekonomi dan tidak terkecuali kegiatan pembelajaran dalam lingkup pendidikan baik pendidikan formal, informal dan nonformal seperti pondok pesantren. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran diera pandemi Covid-19 saat ini pemerintah memberikan kebijakan tentang proses pembelajaran jarak jauh yang terbagi menjadi dua yakni pembelajaran daring dan pembelajaran luring. Dalam pelaksaan pembelajaran tentu terdapat problematika pembelajaran terlebih diera pembaruan pembelajaran pandemi saat ini. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti tertarik untuk mengambil tema problematika pembelajaran masa pandemi pembelajaran luring di Pondok Pesantren Al-Jayadi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana problematika pembelajaran luring yang terjadi di Pondok Pesantren Al-Jayadi, (2) Mengetahui solusi terhadap problematika pembelajaran luring era pandemi yang terjadi di Pondok Pesantren Al-Jayadi.
Peneliti melakukan penelitian di Pondok Pesantren Al-Jayadi menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa problematika pembelajaran diera pandemi Covid-19 di Lingkungan Pondok Pesantren Al-Jayadi diantaranya: a) Lingkungan pembelajaran terdampak Covid-19 yang dikhawatirkan menjadi salah satu tempat penyebaran Covid-19. b) Dampak dari penularan Covid-19 mengakibatkan beberapa Pendidik mengalami sakit sehingga tenaga Pendidik semakin sedikit sedangkan jumlah santri yang mencapai ratusan., dan c) Terbatasnya fasilitas pembelajaran seperti kurangnya ruangan kelas yang digunakan untuk proses pembelajaran. Solusi untuk problematika diatas diantaranya: a) Pengurus Pondok Pesantren Al-Jayadi menjalin kerja sama dengan puskesmas setempat ataupun posko Kesehatan setempat serta menyediakan ruang isolasi sebagai antisipasi adanya santri maupun pengurus pondok pesnatren yang terkonfirmasi gejala Covid-19, b) Keterbatasan guru/ustadz sehingga pengurus Pondok Pesantren Al-Jayadi membuat kelas berdasarkan tingakatan para santri dan menjadikan alumni santri untuk mengabdi sebagai tenga Pendidik, dan c) Pondok Pesantren tetap melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan masjid At-Taqwa dengan izin masyarakat setempat sebagai pengganti kelas sementara dalam melaksanakan pembelajaran, memanfaatkan fasilitas yang ada serta selalu berbenah untuk melengkapi kekurangan dan keterbatasan Pondok Pesantren Al-Jayadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:53
Last Modified: 22 Jun 2022 07:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19696

Actions (login required)

View Item View Item