Strategi Guru dalam Menanggulangi Dekadensi Moral pada Siswa di MTs Ma'arif Al-Hikmah Baosan Kidul Ngrayun Ponorogo

Ayudia, Linda Nur (2022) Strategi Guru dalam Menanggulangi Dekadensi Moral pada Siswa di MTs Ma'arif Al-Hikmah Baosan Kidul Ngrayun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180132_LINDA NUR AYUDIA_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Ayudia, Linda Nur. 2022. Strategi Guru dalam Menanggulangi Dekadensi Moral pada Siswa di MTs Ma’arif Al-Hikmah Baosan Kidul Ngrayun Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I.
Kata Kunci: Strategi, Guru, Dekadensi moral
Hingga saat ini dunia pendidikan masih dihadapkan dengan berbagai permasalahan, yaitu masalah dekadensi moral yang terjadi pada seseorang akibat faktor tertentu, diantaranya yaitu (1) karena terjadi penyimpangan pemikiran dalam sejarah pemikiran manusia yang menimbulkan paradoks antar nilai, (2) karena hilangnya model kepribadian manusia yang bersifat integral, (3) karena sifat antagonisme mulai muncul dalam lingkup pendidikan moral, dan (4) karena melemahnya peranan lembaga sosial yang menjadi basis pendidikan moral. Oleh karena itu, guru memiliki peran penting dalam membentuk karakter pada diri siswa selama di Madrasah, yaitu sebagai pendidik dan pengajar, sebagai sumber belajar dan fasilitator, sebagai tauladan, sebagai motivator, dan sebagai pembimbing dan evaluator. Sehingga kinerja baik dari seorang guru diharapkan dapat memberikan solusi bagi permasalahan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan faktor yang melatarbelakangi terjadinya dekadensi moral pada siswa kelas VIII tahun ajaran 2021/2022 di MTs Ma’arif Al-Hikmah Baosan Kidul Ngrayun Ponorogo, (2) mendeskripsikan strategi guru dalam menanggulangi dekadensi moral pada siswa kelas VIII tahun ajaran 2021/2022 di MTs Ma’arif Al-Hikmah Baosan Kidul Ngrayun Ponorogo, dan (3) mendeskripsikan hasil dari strategi guru dalam menanggulangi dekadensi moral pada siswa kelas VIII tahun ajaran 2021/2022 di MTs Ma’arif Al-Hikmah Baosan Kidul Ngrayun Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif artinya data bukan berupa angka tetapi analisis kualitatif. Pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di MTs Ma’arif Al-Hikmah Baosan Kidul Ngrayun Ponorogo.
Hasil penelitian ini yaitu (1) faktor yang melatarbelakangi terjadinya dekadensi moral pada siswa kelas VIII tahun ajaran 2021/2022 di MTs Ma’arif Al-Hikmah Baosan Kidul Ngrayun Ponorogo yaitu pengaruh media sosial, keterbatasan pendidikan agama yang dimiliki oleh orang tua siswa, peran lingkungan masyarakat yang belum sepenuhnya berjalan secara maksimal dan lingkungan Madrasah yang belum mencerminkan tindakan Islami, (2) strategi guru dalam menanggulangi dekadensi moral pada siswa kelas VIII tahun ajaran 2021/2022 di MTs Ma’arif Al-Hikmah Baosan Kidul Ngrayun Ponorogo yaitu guru melakukan kerjasama dengan wali murid, mengadakan kegiatan istighosah yang dilakukan di pagi hari dengan kurun waktu selama 30 menit sebelum bel masuk kelas berbunyi, mengadakan kegiatan bimbingan dan pengecekan ponsel siswa yang dilakukan oleh guru di hari sabtu jam terakhir dengan kurun waktu 30 menit, (3) hasil dari strategi guru dalam menanggulangi dekadensi moral pada siswa kelas VIII tahun ajaran 2021/2022 di MTs Ma’arif Al-Hikmah Baosan Kidul Ngrayun Ponorogo yaitu dari daftar buku pelanggaran siswa kelas VIII tahun ajaran 2021/2022 sudah sedikit melakukan pelanggaran, memberikan pembelajaran bagi siswa bahwasannya segala sesuatu itu ada dampaknya, memberikan efek jera sehingga siswa yang melakukan pelanggaran sudah tidak mengulangi pelanggaran yang sama dan memberikan pembelajaran kepada guru bahwasannya setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda, jadi guru harus bisa menyesuaikan. Dengan kata lain, ketika siswa kelas VIII melakukan suatu penyimpangan terkait dengan dekadensi moral maka permasalahan tersebut tidak diselesaikan dengan jalan kekerasan, akan tetapi bisa dengan mengarahkan kepada jalan yang benar seperti memberikan tauladan yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:48
Last Modified: 22 Jun 2022 07:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19695

Actions (login required)

View Item View Item