..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK DAN PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS XI SMAN 1 BALONG

Badriyah, Lailatul (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK DAN PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS XI SMAN 1 BALONG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 201180348 LAILATUL BADRIYAH(1)-dikonversi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan di Indonesia saat ini adalah adanya perubahan dari KTsP menjadi kurikulum 2013 dimana menekankan pada proses pembelajaran yang berbasis kepada siswa, sehingga model pembelajaran yang digunakan adalah model project based learning yang menuntut siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Untuk model project based learning merupakan model pembelajaran yang menyertakan project dalam proses pembelajaran. Project yang dikerjakan oleh siswa dapat berupa project individu atau kelompok dan dilakukan secara kolaboratif dalam jangka waktu tertentu, menghasilkan suatu produk yang hasilnya kemudian dipresentasikan. Berkaitan dengan ranah psikomotorik, bahwasannya ranah psikomotorik berhubungan dengan hasil belajar yang dicapai melalui keterampilan manipulatif yang melibatkan otot dan kekuatan fisik. Model project based learning dapat membantu siswa dalam kelompok belajar, mengembangkan keterampilan, dan mengerjakan project yang dapat memberikan pengalaman yang dipersonalisasi bagi siswa dan dapat menekankan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh model project based learning terhadap kemampuan psikomotorik, (2) Mengetahui pengaruh model project based learning terhadap pencapaian hasil belajar siswa dan (3) Mengetahui pengaruh penggunaan model project based learning terhadap kemampuan psikomotorik dan pencapaian hasil belajar siswa
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian penjelasan (explanatory research). Sampel dalam penelitian berjumlah 26 siswa dan merupakan sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan uji t. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Untuk menganalisis data tersebut menggunakan program SPSS versi 17.0 for Windows.
Berdasarkan hasil analisis jalur menunjukkan bahwa Variabel Model Project Based Learning (X) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kemampuan psikomotorik (Y_1) dengan nilai sebesar 0.000. Variabel Model Project Based Learning (X) mempuanyai pengaruh secara signifikan terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa (Y_2) dengan nilai sebesar 0.000. Variabel Model Project Based Learning (X) mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap Kemampuan Psikomotorik (Y_1) dan Pencapaian Hasil Belajar Siswa (Y_2) dengan nilai sebesar 0.012. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aries Fitriani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:44
Last Modified: 22 Jun 2022 07:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19687

Actions (login required)

View Item View Item