IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN SENI KEAGAMAAN DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) UNIT KEGIATAN KE-ISLAMAN (UKI) ULIN NUHA IAIN PONOROGO

Anam, Khoirul (2022) IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN SENI KEAGAMAAN DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) UNIT KEGIATAN KE-ISLAMAN (UKI) ULIN NUHA IAIN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317138_Khoirul Anaam_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Anam, Khoirul. 2022. Implementasi Karakter Religius Anggota UKM UKI Ulin Nuha melaui Seni Keagamaan di UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I
Kata kunci : Implementasi Karakter Religius, Seni Keagamaan di UKM UKI Ulin Nuha.

Karakter atau akhlak tidak diragukan lagi memiliki peran besar dalam kehidupan manusia. Menghadapi fenomena krisis moral, tuduhan seringkali diarahkan kepada dunia pendidikan sebagai penyebabnya. Hal ini dikarenakan pendidikan berada pada barisan terdepan dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, dan secara moral memang harus berbuat demikian. Adapun yang menjadi dasar pendidikan karakter atau akhlak adalah Al-Qur’an dan Al-Hadits, dengan kata lain dasar-dasar yang lain senantiasa dikembalikan kepada Al-Qur’an dan Al-Hadits. Tidak dipungkiri bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di era saat ini membawa perubahan yang besar. Adanya globalisasi juga membawa kemudahan yang dirasakan bagi manusia seperti halnya mudahnya mengakses informasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perencanaan karakter religius anggota UKM UKI Ulin Nuha melalui seni keagamaan di UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo, 2) Pelaksanaan karakter religius anggota UKM UKI Ulin Nuha melalui seni keagamaan di UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo, 3) Evaluasi karakter religius anggota UKM UKI Ulin Nuha melalui seni keagamaan di UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif analisis. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman yang mencakup empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terkait perencanaan pengelolaan kegiatan UKM UKI Ulin Nuha mulai dirancang ketika awal kepengurusan dengan melakukan rapat. Mulai kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan kegiatan tahunan. Pengelolaan tersebut di back-up oleh sebuah tim yaitu untuk memudahkan pengelolaan. Tim tersebut yaitu terdiri dari Badan Pengurus Harian (BPH) dan Ketua Divisi (Kadiv) lalu di sosialisasikan kepada anggota UKI. 2) Terkait pelaksanaan yaitu dengan mengalokasikan waktu, tempat serta tenaga untuk pengembangan karakter religius anggota UKM UKI Ulin Nuha. Pengaplikasian karakter religius anggota UKM UKI Ulin Nuha ini terdapat pada event-event perlombaan dengan bentuk melantunkan sholawat, seperti lomba festival hadrah al-banjari. 3) Terkait evaluasi terhadap kegiatan seni keagamaan yaitu dilakukan satu bulan sekali. Dengan melibatkan BPH (Badan Pengurus Harian) beserta Kadiv (Ketua Divisi). Evaluasi tersebut dibuktikan dengan melihat kekurangan terlebih dahulu pada pelatihan setiap masing-masing divisinya, setelah itu baru dipraktikkan dengan solusi yang telah disepakati oleh ketua divisi dan Badan Pengurus Harian (BPH). Contohnya divisi kesenian pada pelatihan olah vokal yang dimana para anggota merasa sulit untuk mengolah suaranya sendiri, maka dari itu dilakukan pembentukkan kelompok yang setiap anggota terdiri dari 5 orang dengan maksud untuk memfokuskan suaranya pada vokal utama, vokal satu, vokal dua, vokal tiga, dan vokal bass. Selain itu untuk evaluasi kegiatan seni keagamaan dilakukan dengan cara uji keahlian pada setiap divisi yang diikuti. Selain untuk melihat kemampuan skill yaitu untuk melihat suatu keberhasilan program yang telah dilaksanakan oleh UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo. Selanjutnya untuk evaluasi tahunan (akhir kepengurusan) yaitu dilakukan dengan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 06:47
Last Modified: 22 Jun 2022 06:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19682

Actions (login required)

View Item View Item