PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DAN INTERAKSI TEMAN TEHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA TERPADU HUDATUL MUNA 2 PONOROGO 2021/2022

Abdulah, Ghafur Waid (2022) PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DAN INTERAKSI TEMAN TEHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA TERPADU HUDATUL MUNA 2 PONOROGO 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
GHAFUR WAID ABDULAH. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Recovered).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Abdulah, Ghafur Waid. 2022. Pengaruh Kedisiplinan Guru dan Interaksi Teman Tehadap Minat Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ayunda Riska Puspita, MA.
Kata Kunci : Kedisiplinan Guru, Interaksi Teman, Minat belajar
Kedisiplinan sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia dan dalam proses pendidikan. Tujuan dari sebuah pendidikan akan dapat tercapai, apabila semua komponen pendidikan dapat bekerjasama dan berjalan sesuai aturan dan tata tertib yang ada. Seorang guru harus memberikan keteladanan untuk memiliki kedisiplianan agar terciptanya kondisi pendidikan nyaman dan tenang agar dapat meningkatkan minat belajar siswa. Interaksi antar teman juga sangat beperan penting dalam pendidikan dimana terjadinya hubungan antar teman ini dapat menentukan prilaku siswa dalam segala proses pembelajaran. Interaksi teman yang baik, maka akan dapat membantu dan menemukan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran disekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kedisiplinan guru tehadap minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo 2021/2022; (2) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh interaksi teman tehadap minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo 2021/2022; (3) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kedisiplinan guru dan interaksi teman tehadap minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo 2021/2022. Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan expost facto yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo, yang berjumlah 31 siswa dan yang digunakan sebagai sampel adalah keseluruhan siswa kelas X, sehingga sampelnya berjumlah 31 responden. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrument dalam pengambilan data.
Berdasarkan analisis data, maka diperoleh hasil bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan guru (X1) terhadap minat belajar (Y) siswa kelas X pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo 2021/2022. Dibuktikan dengan hasil nilai Sig.nya (P-value) sebesar (0.000) < α (0,05), maka tolak H0 dan Ha terima. Dan diketahui bahwa kedisiplinan guru berpengaruh sebesar 50,3% terhadap minat belajar siswa; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi teman (X2) terhadap minat belajar (Y) siswa kelas X pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo 2021/2022. Dibuktikan dengan hasil nilai Sig.nya (P-value) sebesar (0.000) < α (0,05), maka tolak H0 dan Ha terima. Dan diketahui bahwa. interaksi teman berpengaruh sebesar 38,2% terhadap minat belajar siswa; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan guru (X1) dan interaksi teman (X2) berpengaruh secara terhadap minat belajar (Y) siswa kelas X pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo 2021/2022. Dibuktikan dengan hasil nilai Sig.nya (P-value) sebesar (0,000) < (0,05), maka tolak H0 dan Ha terima. Dan diketahui bahwa kedisiplinan guru dan interaksi teman berpengaruh sebesar 62,6% terhadap minat belajar siswa. Dari analisis hasil data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel kedisiplinan guru dan interaksi teman terhadap minat belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Terpadu Hudatul Muna 2 Ponorogo 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 06:55
Last Modified: 22 Jun 2022 06:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19680

Actions (login required)

View Item View Item