..(PERBAIKI LEMBAR PERSETUJUAN DAN KEASLIAN TULISAN DENGAN SCAN WARNA, UPLOAD ULANG)...PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMKN 2 PONOROGO

Nurrochman, Syaiful Hadi (2022) ..(PERBAIKI LEMBAR PERSETUJUAN DAN KEASLIAN TULISAN DENGAN SCAN WARNA, UPLOAD ULANG)...PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMKN 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180118_SYAIFUL HADI NURROCHMAN_MPI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Nurrochman, Syaiful Hadi. 2022. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan di SMKN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Mukhibat, M.Ag
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Kinerja
Proses pendidikan di sekolah akan berhasil ketika kepala sekolah mampu untuk mengelola tenaga kependidikan yang ada di sekolah dan setiap organisasi telah menetapkan sistem nilai untuk mengatur bagaimana cara bertindak dan berperilaku orang-orang yang ada di dalam organisasi yang dikenal sebagai budaya organisasi. Tenaga kependidikan yang memiliki kualitas dalam kinerjanya akan menjadi sarana tercapainya visi, misi dan tujuan lembaga pendidikan secara optimal. Dengan hal ini kinerja yang baik dan profesional harus diiringi kepemimpinan kepala sekolah yang berkualitas dan budaya organisasi yang baik. Dari hasil observasi terdapat pegawai yang memiliki kinerja kurang bagus seperti kurangnya ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaannya dan ada beberapa pegawai yang belum bisa bekerja sesuai bagiannya dan diserahkan kepada pegawai lain.
Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui signifikansi pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja tenaga kependidikan di SMKN 2 Ponorogo, 2) untuk mengetahui signifikansi pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja tenaga kependidikan di SMKN 2 Ponorogo, 3) untuk mengetahui signifikansi pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja tenaga kependidikan di SMKN 2 Ponorogo.
Pendekatan dan jenis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat ex-post facto. Untuk memperoleh data-data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik dengan cara menyebar angket dan dokumentasi yang digunakan untuk mendapatkan data-data tentang identitas lembaga, daftar pegawai, visi, misi, tujuan, dan sarana prasarana lembaga sekolah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Sampel jenuh adalah teknik sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kependidikan SMKN 2 Ponorogo yang berjumlah 36 tenaga kependidikan. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui apakah variabel bebas yang ada dalam model mempunyai pengaruh yang nyata terhadap variabel terikat menggunakan regresi linier sederhana, dan teknik analisis data untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan budaya organisasi (X2) terhadap kinerja tenaga kependidikan (Y) menggunakan regresi linier berganda dengan 2 variabel bebas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan di SMKN 2 Ponorogo, dengan persentase sebesar 12,7 %. 2) budaya organisasi mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan di SMKN 2 Ponorogo, dengan persentase sebesar 45,8%. 3) kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan di SMKN 2 Ponorogo, dengan persentase sebesar 46,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 06:45
Last Modified: 22 Jun 2022 06:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19679

Actions (login required)

View Item View Item