KOMPETENSI GURU DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN SURAT AL-QALAM AYAT 1-4 DAN KAITANNYA DENGAN KOMPETENSI GURU DALAM PERMENDIKNAS NOMOR 16 TAHUN 2007

ZADINA, DAIM (2022) KOMPETENSI GURU DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN SURAT AL-QALAM AYAT 1-4 DAN KAITANNYA DENGAN KOMPETENSI GURU DALAM PERMENDIKNAS NOMOR 16 TAHUN 2007. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180050 DAIM ZADINA PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena dalam dunia pendidikan pada kemampuan dan keterampilan guru saat ini yang kian memperhatinkan. Karena guru merupakan peran sentral dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Akibatnya proses belajar mengajar terhambat dikarenakan kurangnya kreativitas guru pada peserta didik, peserta didikpun terkendala dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Salain itu, dapat menghambat meningkatkan mutu dan moral pendidikan bangsa. Berbagai kasus dalam dunia pendidikan disebabkan karena kurangnya guru yang berkompeten, baik dari pedagogik, professional, sosial, maupun kepribadian. Sering sekali kita jumpai pada berbagai media sosial ataupun media lainnya. Hal ini sangat memperhatinkan dan cukup mencemaskan dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, seorang harus memiliki kemampuan-kemampuan dalam mengajar, sehingga terciptanya keberhasilan pada proses pendidikan. Telebih secara jelas dalam al-Qur‟an surat al-Qalam ayat 1-4 yang menelaah tentang keteladanan aklak nabi dalam menyebarkan agama islam.Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kompetensi guru dalam perspektif al-Qur‟an surat al-Qalam ayat 1-4 dan (2) mengetahui kaitan antara kompetensi guru dengan Kompetensi Guru dalam Permendikbud Nomor 16 Tahun 2017. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yaitu telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suat u masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaah kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Dalam metode pembahasannya menggunakan metode dokumentasi yaitu teknik mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan berbagai macam materi yang terdapat dalam kepustakaan. Data yang digunakan berupa data sumber primer tafsir al-Misbah karya M, Quraish Shihab dan kompetensi guru pendidikan Agama Islam karya Akmal Hawi, standar kompetensi dan sertifikasi guru karya E.Mulyasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi guru yang terdapat pada surat Al-Qalam ayat 1-4 ini adalah memiliki ilmu pengetahuan (ayat 1), memiliki kesehatan mental dan jasmani (ayat 2), bersosialisasi tinggi (ayat 3), serta memiliki kepribadian yang baik (ayat 4). Kompetensi guru pada surat al-Qalam ayat 1-4 ada kaitannyadengan permendikbud no 16 tahun 2017 tentang standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi guru dengan keempat kompetensi yang terdapat dalam surat Al-Qalam, yakni (1) kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional berkaitan dengan ayat 1 surat al-Qalam, (2) kompetensi sosial berkaitan dengan ayat 3 surat al-Qalam, dan (3) kompetensi kepribadian berkaitan dengan ayat 2 dan 4 surat al-Qalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 06:36
Last Modified: 22 Jun 2022 06:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19673

Actions (login required)

View Item View Item