Penanaman Nilai-nilai Religius Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Kebonagung

Nurmasari, Arinda Restiana (2022) Penanaman Nilai-nilai Religius Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Kebonagung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180035_ARINDA RESTIANA NURMASARI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nurmasari, Arinda Restiana, 2022. Penanaman Nilai-nilai Religius dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Kebonagung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Mambaul Ngadimah. M.Ag.

Kata Kunci: Nilai Religius, Pembelajaran, Siswa-Siswi

Nilai religius adalah nilai-nilai kehidupan yang mencerminkan tumbuh kembangnya kehidupan beragama yang terdiri dari tiga unsur pokok yaitu aqidah, ibadah, dan akhlaq yang menjadi pedoman perilaku sesuai dengan syariat agama untuk mencapai kesejahteraan serta kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Penanaman nilai religius sangatlah penting untuk menamankan jiwa dan karakter siswa-siswi agar lebih dekat dan mengenal Sang Pencipta. Penanaman nilai religus sangat penting di sekolah-sekolah terkhusus di Sekolah Menengah Atas (SMP) dikarenakan penanaman nilai religius masihlah minim. Pemilihan SMP Negeri 2 Kebonagung dalam melaksanakan penelitan karena memiliki keunikan baik dari segi metode pembelajaran maupun penanaman nilai religiusnya, sehingga terasa penting bagi peneliti untuk melaksanakan penelitian dilokasi tersebut.
Penelitian bertujuan (1) Mendeskripsikan bagaimana pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti pada siswa-siswi di SMP Negeri 2 Kebonagung. (2) Mengetahui penanaman nilai-nilai religius dalam meningkatkan kesadaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kepada siswa-siswi di SMP Negeri 2 Kebonagung. (3) Memaparkan dampak penanaman nilai religius kepada siswa-siswi di SMP Negeri 2 Kebonagung.
Untuk menjawab penelitian di atas peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian di SMP Negeri 2 Kebonagung dapat disimpulkan: (1)Pertama, Pembelajaran PAI dan budi pekerti meliputi: Faktor guru dan cara mengajarnya meliputi: (a) Strategi berperan penting dan pengaruh dalam keberhasialan pembelajaran di antaranya strategi ekspostori, strategi konstektual, strategi kooperatif. (b) Metode berpengaruh penting dalam pembelajaran di antaranya metode ceramah, metode diskusi, metode demostrasi, dan metode tanya jawab. (2) Kedua, Penanaman nilai religius dalam meningkatkan kesadaran beragama meliputi: (a) Penanaman nilai religius akidah diantaranya keontetikan sumbernya, guru menjelaskan sesuai dengan al-quran dan hadis, bebas dari keracunan kontradikasi dan kesamaran, guru menjelaskan dari wahyu Allah. (b) Penanaman nilai religius ibadah yaitu sholat, guru memberikan penjelasan dan contoh terkait bacaan dan tata cara sholat. (c) Penanaman nilai religius akhlak di antaranya faktor internal yang berasal dari kita, dan faktor eksternal yang berasal dari lingkungan. (3) Ketiga, Dampak penanaman nilai religius dalam meningkatkan keadaran beragama meliputi: (a) Dampak nilai religius terhadap pengalaman di antaranya dimensi keyakinan, siswa menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya, dimensi praktek, siswa rajin dalam beribadah sholat lima waktu dan mulai berpuasa sunnah. (b) Dampak nilai religius terhadap exsperimen yaitu dimensi keyakinan siswa melakukan percobaan dengan membiasakan sholat lima waktu dan berpuasa sunnah. (c) Dampak nilai religius terhadap hubungan sosial yaitu dimensi pengetahuan, kebiasaan di sekolah dan penanaman nilai religius yang dilakukan ketika pembelajaran menambah ilmu pengetahuan sehingga berdampak pada meningkatnya hubugan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 06:31
Last Modified: 22 Jun 2022 06:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19666

Actions (login required)

View Item View Item