Implementasi Metode Sorogan dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Siswa di SMP Ma’arif 5 Ngrupit Ponorogo

Arifin, Mifthakul (2022) Implementasi Metode Sorogan dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Siswa di SMP Ma’arif 5 Ngrupit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180147_MIFTHAKUL ARIFIN_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Arifin, Mifthakul. 2022. Implementasi Metode Sorogan dalam Mengatasi Kesulitan Membaca al-Quran pada Siswa di SMP Ma’arif 5 Ngrupit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I.

Kata Kunci: Metode Sorogan, al-Quran, Kesulitan Membaca

Al-Quran merupakan salah satu sumber ajaran agama Islam. Karena itu siswa diharapkan dapat membaca al-Quran dengan lancar sehingga mempermudah dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Namun kenyataannya saat ini masih banyak siswa terutama usia SMP yang belum bisa membaca al-Quran. Begitu juga di SMP Ma’arif 5 Ngrupit Ponorogo masih banyak siswa yang mengalami kesulitan membaca al-Quran. Sebagai upaya untuk mengatasinya guru di sini menerapkan sorogan al-Quran. Metode sorogan umumnya digunakan di pondok pesantren dan jarang digunakan di sekolah umum. Walaupun sekolah ini bukanlah termasuk sekolah Islam melainkan sekolah umum, guru di sini menerapkan metode sorogan karena menurut mereka, penerapan metode sorogan banyak membantu siswa dalam membaca al-Quran. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti berpandangan penting untuk dilakukan penelitian mengenai Implementasi Metode Sorogan dalam Mengatasi Kesulitan Membaca al-Quran Siswa di SMP Ma’arif 5 Ngrupit Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan implementasi metode sorogan dalam mengatasi kesulitan membaca al-Quran siswa di SMP Ma’rif 5 Ngrupit Ponorogo; (2) untuk mengungkap kendala-kendala dalam mengimplementasikan metode sorogan dalam mengatasi kesulitan membaca al-Quran siswa di SMP Ma’rif 5 Ngrupit Ponorogo; (3) untuk menjelaskan dampak dari implementasi metode sorogan dalam mengatasi kesulitan membaca al-Quran siswa di SMP Ma’arif 5 Ngrupit Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan metode sorogan di SMP Ma’arif 5 Ngrupit Ponorogo adalah upaya mengatasi kesulitan membaca al-Quran siswa. Kegiatan ini melibatkan seluruh siswa yang dilaksanakan hari Jumat pagi. Siswa membentuk kelompok sesuai dengan yang telah ditentukan. Siswa mengaji sorogan secara individu dengan ditunjuk oleh pembimbing masing-masing dan disimak untuk dibetulkan jika ada yang salah; (2) kendala penerapan metode sorogan al-Quran di SMP Ma’arif 5 Ngrupit Ponorogo yaitu: kurang efektif karena memerlukan waktu yang lama, perlunya kesabaran ketekunan, keuletan dan kedisiplinan dari guru, kendala lain yaitu sering terlambatnya siswa dan kurangnya percaya diri siswa saat membaca al-Quran; (3) dampak penerapan metode sorogan al-Quran di SMP Ma’arif 5 Ngrupit Ponorogo sangat positif, baik untuk guru maupun siswa. Guru lebih memperhatikan siswa dalam hal mengaji al-Quran, karena penerapannya dilakukan secara individu. Metode sorogan juga membantu untuk mengatasi kesulitan membaca al-Quran siswa, selain itu juga berdampak baik pada program sekolahan dalam meningkatkan keagamaan melalui membaca al-Quran, selain itu juga berdampak positif untuk membantu siswa kelas IX saat ujian praktik membaca al-Quran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 05:00
Last Modified: 22 Jun 2022 05:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19652

Actions (login required)

View Item View Item